Friday 23 October 2009

Resep Sambal Tumpang asli Kediri

Bagi orang kediri, sambal tumpang merupakan makanan favorit yang tidak bisa ditinggalkan. Disamping rasanya yang khas dan unik...sambal tumpang juga jarang didapatkan di daerah lain. DAn efeknya yang sangat menyehatkan bagi pencernaan kita karena memudahkan Buang air besar...hingga tuntas.

Begitu juga aku. Setiap pulang ke kediri..selalu aku sempatkan makan sambal tumpang. mak nyuss...rasanya. Berikut aku sampaikan resep sambal tumpang:


RESEP SAMBAL TUMPANG


Bahan:
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
4 buah cabe merah
5 bh cabe rawit
2 cm lengkuas
1 lembar daun salam
Santan
Garam dan gula secukupnya
Tempe yg sdh dibiarkan selama 2 hari
2 ikat kacang panjang dipotong sedang
2 ikat bayam dipotong-potong
Tauge
Mentimun diiris kecil2
Daun kemangi


Cara membuat:
1.Bawang merah,bawang putih,cabe merah,tempe direbus dengan 500 ml air sampai airnya tinggal sedikit,kemudian semua hasil rebusan dihaluskan,ketumbar juga dihaluskan
2. Tambahkan santan,masukkan lengkuas dan daun salam,masukkan garam dan gula secukupnya,kemudian cabe rawit juga dimasukkan dalam keadaan utuh,tunggu sampai mendidih dan bumbu meresap
3.Rebus kacang panjang,bayam,dan tauge dengan sedikit garam.
4.Sajikan sambal tumpang diatas sayuran diatas tambahkan mentimun dan daun kemangi
Jangan lupa tambahkan rempeyek sebagai pelengkap.



1 comment:

  1. saya org asli kediri sambal tumpang adalah kuliner favorit saya tiap pulang ke kediri.... maknyusss..... mantep nda..

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.