Wednesday 14 October 2009

Ternyata Vitamin D bisa mencegah Kerapuhan Otot

Bila anda menderita kerapuhan otot...ada baiknya mengkonsumsi vitamin D secara teratur. Artikel berikut saya ambil dari inilah.com semoga bermanfaat:

Vitamin D bisa mencegah Kerapuhan Otot

Mengkonsumsi suplemen vitamin D, dengan dosis internasional 700-1,000 unit per hari, mengurangi risiko kerapuhan otot sebesar 19% untuk lansia.
Pernyataan ini berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan secara online oleh British Medical Journal.

Tinjauan ini didasarkan pada studi delapan orang berusia 65 dan lebih yang mengambil suplemen vitamin D atau plasebo. Dosis vitamin D yang diberikan satu sama lain berbeda, dengan kondisi tempat tinggal yang berbeda pula. Ada yang di panti jompo dan di rumah sendiri.


Risiko perapuhan hanya terlihat pada orang yang mengkonsumsi setidaknya 700 unit internasional (IU) per hari vitamin D. Dosis yang lebih kecil dari itu tidak banyak membantu.

Menurut peneliti, Heike Bischoff-Ferrari, MD, MPH, Direktur Centre on Aging dan Mobility di RS Universitas Zurich, pengurangan risiko kerapuhan hanya terlihat pada orang yang memiliki tingkat vitamin D darah sekurang-kurangnya 60 nanomoles per liter.

Menurut catatan Bischoff-Ferrari seperti dikutip dari situs WebMD, vitamin D mempengaruhi kekuatan otot, dan otot yang lebih kuat tidak berarti tidak rentan jatuh.
Peneliti juga tidak mengabaikan kemungkinan jika mengkonsumsi dosis tinggi suplemen vitamin D akan lebih efektif untuk mencegah kerapuhan. Studi ini hanya memeriksa pasien yang mengkonsumsi tidak lebih dari 1.000 IU per hari.

Mengkonsumsi terlalu banyak vitamin D juga tidak baik. Karena dapat menyebabkan mual, sembelit, cemas, irama jantung yang abnormal, dan batu ginjal.
Idealnya, menurut Institute of Medicine (IOM), AS, setiap orang mengkonsumsi 200 IU vitamin D dalam sehari hingga usia 50.

Sementara dosis 400 IU vitamin perhari baik dikonsumsi untuk orang-orang berusia 51-70. Dosis 600 IU untuk orang berusia 71 dan lebih tua.
IOM juga mempertimbangkan toleransi batas atas asupan vitamin D menjadi 2.000 IU per hari (1.000 IU per hari pada tahun pertama kehidupan).

1 comment:

  1. saya terbantu dgn adanya artikel ini. saya sebagai org yg ingin hidup bahagia dan nyaman secara sehat jasmani dan rohani. Trimakasih.
    org yg paling bahagia itukan yg puny bentuk tubuh dan kesehatan yg bagus.

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.