Monday 15 June 2009

Review bengkel hati tpi tanggal 15 Juni 2009 bersama ustad Danu

Kali ini ustad danu ditemani oleh Tengku Zaki. Memang segala penyakit yang datang itu sebenarnya disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri. Di dalam Al Qur an disebutkan bahwa segala musibah yang menimpa manusia itu disebabkan oleh ulah manusianya sendiri. Sehingga bila kita menderita sakit tertentu…..ada baiknya kita introspeksi diri……dan bertanya kepada diri sendiri…apa yang telah saya perbuat? Kesalahan apa yang harus saya perbaiki?


Insya Allah kalau kita mau mengakui segala kesalahan kita….tentu penyakit yang sedang kita derita….akan berangsur-angsur sembuh…bahkan bisa sembuh total. Bahkan kata ustad danu …setiap diri kita ada malaikat yang selalu bertugas mengingatkan manusia. Bila manusianya salah …maka akan berakibat sakitnya bagian tubuh tertentu. Dan bila manusia ini mau mengakui kesalahannya dan mau memperbaiki diri….maka secara otomatis malaikat tersebut akan membantu dalam proses penyembuhan.

Sehingga bila ada seorang yang sakit keras….kemudian tiba-tiba bisa sembuh dengan hanya diberi nasehat kebaikan….dan mau melaksanakannya….Karena memang kesembuhan ini disebabkan oleh Ridho Alloh swt. Kalau Alloh menghendaki…tinggal “ Kun fa Yakun” maka jadilah kesembuhan yang diinginkannya.

Ada seorang yang sakit Serosis hati ( Lever tapi sudah parah). Menurut ustad Danu orang tersebut biasanya pendiam dan gampang jengkel terhadap orang lain. Kemudian ustad Danu mengajak orang tersebut untuk mau mengubah sikap tersebut menjadi lebih baik. Tips yang diberikan adalah mencoba untuk tersenyum kepada orang-orang disekitarnya. Karena dengan tersenyum akan membuat hati kita menjadi lebih rendah hati dan mengurangi sifat tinggi hati dan keras hati yang bisa menyebabkan serosis hati. Serta berusaha memaafkan orang-orang yang membuat kesalahan padanya dan tidak dendam. Dengan memaafkan…maka hati akan menjadi lebih lembut dan terhindar dari perasaan dendam dan dengki yang merusak.

Kemudian ada seorang ibu yang menayakan kepada ustad Danu kenapa anaknya tidak bisa buang air besar…padahal sudah operasi sebanyak 6 kali. Ustad Danu menasehati agar ibu dan suaminya mau mengubah sifat yang pendiam dan gampang jengkel. Dan mohon ampun kepada Alloh swt.

KESIMPULAN.

Sebagian besar penyakit disebabkan oleh sikap yang mudah JENGKEL dan PENDIAM tetapi dongkol di dalam hati. Makanya kadang aku ibaratkan

BENGKEL HATI vs JENGKEL HATI
Semakin besar perasaan mudah jengkel seseorang …maka akan semakin sakit tubuhnya.
Mulai sekarang marilah kita memperbaiki sikap kita yang mudah jengkel dan dongkol itu menjadi sikap yang sabar dan syukur kepada Alloh SWT.

TIPS bila menderita sakit yang parah.

Menurutku kalau anda sedang menderita sakit yang sangat parah ada baiknya anda menggabungkan beberapa hal ini secara sekaligus. Beberapa tersebut adalah :

1. Mengubah sikap menjadi lebih baik. Kalau biasanya pemarah …ya ubahlah menjadi sabar dan mudah memaafkan. Kalau tadinya pendendam…ya ubahlah menjadi pemaaf. Kalau tadinya kaku dan tinggi hati…ya ubahlah menjadi rendah hati dan mau peduli. Kalau tadinya cuek terhadap lingkungan sekitar….ya ubahlah menjadi perhatian dan peduli…….dan mudah tersenyum terhadap siapapapun. Insya Alloh anda akan menjadi lebih baik.

2. Rajin-rajinlah bersedekah. Menurut ustad Yusuf Mansur…orang yang rajin sedekah akan dipercepat tercapainya segala keinginannya…termasuk keinginan untuk sembuh dari suatu penyakit. Buatlah tekad ….untuk terus melakukan sedekah dan berbagi dengan anak-anak yatim dan fakir miskin yang tak mampu. Berbagi apa saja yang bisa anda berikan dengan ikhlash. Insya Alloh hidup anda menjadi lebih bermanfaat dan lebih berbahagia. Bukankah kebahagiaan adalah ketika kita bisa memberi kepada orang lain? Baca artikel saya tentang arti kebahagiaan sebelumnya atau klik di sini.

3. Hiduplah sederhana. Karena semakin anda mampu menikmati hidup sederhana…maka hati anda akan semakin tenang dan damai. Kesederhanaan akan membuat hidup anda manjadi lebih bermakna. Kalau biasanya anda tdak pernah jalan kaki …cobalah sesekali jalan kaki dan lihatlah orang-orang yang anda jumpai. Ada yang mungkin untuk makan saja mereka tidak bisa. Hidupnya susah dan menderita. Tanyalah pada diri anda sendiri…apa yang bisa anda perbuat untuk membantu orang-orang yang tidak mampu tersebut dan berbuatlah untuk mereka. Setelah itu bersyukurlah atas kondisi anda saat ini. Karena masih diberi kesempatan walaupun kesempatan itu hanya sedikit. Manfaatkan betul-betul waktu yang masih ada ini untuk berbuat kebaikan dengan sesama.

4. Perbanyak ibadah sholat tahajud dan baca Al Qur an serta renungilah maknanya. Syukur-syukur sampai anda merasakan keharuan yang mendalam. Menangislah dan mengadulah kepada Yang Maha Kuasa dan Maha Memberi …dan yakinlah Alloh akan mengabulkan doa anda.

5. Pasrah dan tawakal. Ikhlaskanlah dan pasrahkanlah kepada Alloh atas semua usaha yang anda lakukan.


Demikian yang dapat aku sampaikan semoga bermanfaat.

Salam bahagia yang luar biasa…!!!

Bila anda ingin memiliki ebook review ceramah ustad danu di bengkel hati TPI silahkan klik di sini gratis.

Dapatkan kisah-kisah inspiratif tentang kebahagiaan dan kesehatan di sini

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.