Artikel ini saya nukil dari websitenya Ronald Kang....dan ini merupakan artikel pertama saya ketika bikin blog. Jadi harap maklum bila masih copy paste. Waktu itu saya ingin belajar google adwords dan belum negrti sama sekali. Ya dari pada pusing cari panduan...lebih baik saya masukkan ke blog ini. Jadi setiap saya nggak ngerti tentang google adwords ya tinggal saya buka aja.
Namun Sekarang sepertinya sudah banyak perubahan di google adwords sendiri. Seperti beberapa aturan atau menu ada yang berbeda. Kalau sekarang saya lebih suka memakai panduan yang diberikan GM Susanto di rahasiasuksesclickbank.com ...yang lebih lengkap dan lebih hemat biaya. Sekalian panduannya versi video tutorial yang amat detail dan lengkap. Kita tinggal mencontoh dan mempraktekkannya.
Setelah membaca dan melihat video tutorialnya GM Susanto..saya yakin teman-teman akan lebih mudah dalam beriklan melalui google adwords dan lebih efektif karena disertai dengan cara memilih kata kunci tertarget dengan biaya yang minimal namun hasil maksimal.
Oke...segitu dulu ya intermeso dari saya...buat yang komentar bahwa artiekel ini seperti dari Ronald Kang ...saya ucapkan terima kasih kritikannya. Semoga kita tetap bisa bersahabat melalui dunia maya ini. Berikut artikel Ronald Kang tentang google adwords:
Cara Mendaftar Google adwords
Seperti yang semua sudah ketahui, tempat nomor 1 untuk melakukan pencarian di dunia internet adalah … Google. Tidak ada yang mengalahkan Google sebagai search engine nomor 1 yang paling akurat.
Kalau ada pertanyaan, apakah Google itu? semua orang akan menjawab, tempat menemukan solusi nomor 1 di internet. Sebagai internet marketer, jawaban kita sedikit berbeda.
Apakah Google itu?
Google adalah tempat mencari calon pembeli nomor 1 di internet. It’s a fact that has been proven..
Dengan Google, Anda bisa membuat website Anda ditampilkan apabila seseorang mengetik suatu kata pada kotak searchnya. Apa yang diketik pada kotak search disebut dengan istilah keyword. Anda hanya perlu membayar Google apabila iklan Anda di-klik. Oleh karena itu, cara beriklan seperti ini disebut PPC (Pay Per Click) alias bayar untuk setiap klik.
Nah, bagaimana cara menggunakan Google sebagai media iklan? Berikut adalah langkah2nya
Untuk bisa beriklan di Google, Anda harus mendaftar di Google Adwords. Kalau Anda belum daftar, klik link berikut ini
=> daftar Google Adwords
Mendaftar di Adwords gratis, akan tetapi untuk dapat menggunakannya Anda harus melakukan pengaktifan dengan kartu kredit seharga $5. Wajib pakai kartu kredit.
Nah, setelah Anda mendaftar, masuklah ke account Google Adwords Anda dan masuklah ke menu campaign summary
Sekedar catatan, untuk yang pertama kali mendaftar, akan otomatis langsung disuruh membuat campaign. Nah urutan langkah2nya mungkin agak sedikit berbeda. Panduan saya ini untuk yang sudah aktif (karena saya kan sudah aktif). Tapi tetap membantu penjelasan kok, hanya urutannya yang agak berbeda sedikit.
Kalau sudah, kliklah link keyword targeted di sebelah tulisan create new campaign:
Keyword targeted akan memunculkan iklan Anda berdasarkan keyword yang Anda inginkan, sedangkan placement-targeted akan memunculkan iklan Anda pada website yang Anda inginkan. Untuk panduan kali ini, kita akan mencoba keyword-targeted.
Setelah mengklik link keyword-targeted, Anda akan masuk ke halaman setting iklan Anda yang pertama
Tuliskan nama campaign Anda pada kolom name your campaign (berikan nama yang jelas untuk membedakan dengan campaign yang lain, misalnya nama website yang diiklankan).
Pada Name your ad group, masukkan kata kunci untuk kumpulan keyword yang akan Anda masukkan nanti. Misalnya kumpulan keyword yang mengandung kata coklat susu, Anda beri nama group, coklat susu. Biasakan mengelompokkan adgroup Anda untuk setiap keyword utama agar mudah dianalisis nantinya.
Untuk language yang digunakan customer Anda, pilihlah bahasa yang digunakan oleh target market Anda. Umumnya adalah English ( saat ini, kebanyakan orang yang suka beli2 barang online itu dari Amrik — orang Indonesia kebanyakan masih suka klak klik iklan kalau penasaran, tapi jarang beli, ya kan? )
Halaman berikut adalah memilih target lokasi iklan Anda
Pilihlah country and territories untuk memasang iklan pada negara tertentu. Region dan city untuk memasang iklan pada kota tertentu, dan customised untuk menentukan wilayah Anda lebih spesifik lagi misalnya koordinat tertentu dari satelit (wow..).
Lalu klik continue
Berikutnya adalah memilih negara yang Anda inginkan iklan Anda muncul. Umumnya sih US saja. Tapi saya baru menemukan trik baru untuk mengetahui negara apa yang paling sering mencari keyword tertentu. Masuklah ke web ini untuk mengetahuinya
http://Google.com/trends
Nah, setelah menentukan lokasi negara yang Anda incar (saya sih tetap ke US, rata2 orang yang suka belanja pakai kartu kredit ada di sana) klik tombol continue.
Masukkan teks iklan Anda di sini. Berikut adalah tips2nya:
• Tuliskan kalimat yang membuat orang penasaran
• Tuliskan kalimat yang kontroversial
• Berikan kalimat pertanyaan kalau perlu
• Tuliskan keyword Anda pada kalimat iklan Anda. Ketika iklan Anda ditampilkan nanti akan di-bold dan terlihat mencolok dibandingkan iklan yang lain
Berikutnya adalah pemilihan keyword
Nah, masukkanlah keyword yang Anda inginkan di sini. Nanti ketika orang mengetikkan keyword tersebut, iklan Anda dijamin muncul. Tips dari saya ialah jangan masukkan banyak keyword hingga ribuan/ratusan.
Google memiliki sistem seperti ini, kalau mereka percaya iklan Anda berkualitas dan sering di-klik orang, maka biaya per-klik Anda dapat murah dengan sendirinya. Nah, dari mana Google melihat bahwa iklan Anda berkualitas atau tidak? Kalau dengan impression yang sedikit iklan Anda banyak diklik, berarti iklan Anda bagus. Nah, kalau keyword Anda ribuan, sudah pasti jumlah peng-klik dan keyword yang Anda incar tidak sebanding. Bisa2 impression jutaan tapi yang mengklik hanya puluhan. Maka kualitas iklan Anda bisa dianggap jelek dan harga jadi mahal.
Tips dari saya ialah, jangan gunakan hanya feeling Anda untuk memilih keyword. Terkadang feeling kita merasakan keyword ini banyak dicari orang, tapi kenyataannya belum tentu seperti itu. Masukkan keyword hanya dari freekeywords.wordtracker.com. Itu juga sudah cukup karena keyword yang ditampilkan di situ sudah pasti dicari banyak orang. Akan tetapi, tidak semuanya berkualitas juga. Nanti akan ada trik untuk mencari yang berkualitasnya.
Kalau sudah, klik continue..
Nah, gambar ini muncul kalau keyword Anda mengandung kata tertentu yang butuh persetujuan dari hukum di Amerika. Tidak usah dipedulikan, klik saja next lagi
Setelah itu, proses pembuatan iklan Anda selesai, akan ditampilkan seperti ini
Klik Save Ad Group dan selesailah.
Masih ada konfigurasi yang bisa kita atur, coba Anda pilih campaign (iklan) Anda dan klik edit settings
Ini adalah layar konfigurasi campaign Anda. Di bagian budget, Anda bisa menentukan budget Anda perhari. Dengan demikian, kalau jumlah biaya yang harus dibayar sudah melebihi Rp 10.000, maka iklan Anda tidak akan ditampilkan kembali. Ini sangat penting. Pengelolaan biaya iklan harus menjadi fokus perhatian Anda. Jangan sampai Anda nanti dililit hutang sama Google dan bangkrut seketika!
Keyword bidding hanya untuk menentukan harga standard keyword Anda.
Ad Scheduling untuk menentukan jam berapa iklan Anda ingin ditampilkan. Jadi misalnya Anda berpikir market Anda ini hanya aktif pada malam hari, maka tampilkanlah iklan Anda hanya pada malam hari saja.
Nah, ada pilihan untuk enable position preference. Yang satu ini harus diklik, artinya kita bisa menentukan iklan kita muncul di posisi keberapa. Ini adalah trik yang sangat jitu. Pastikan iklan Anda hanya muncul di halaman pertama, selain itu tidak usah ditampilkan.
Ad Serving, sesuai yang dijelaskan di tulisannya. Saya tidak pernah ubah2 yang ini. Iklan yang muncul dengan teratur sewaktu-waktu akan lebih efektif daripada iklan yang muncul terus. Bayangkan kalau iklan tv yang sama muncul berkali2 dan berurutan seharian, pasti penontonnya kesal.
Nah, ini untuk memilih iklan Anda muncul di mana
Google Search artinya iklan Anda hanya muncul ketika orang melakukan search
Search Network artinya iklan Anda muncul pada partner Google yang lain, misalnya Ask Jeeves (Search engine lain)
Content Network artinya iklan Anda akan muncul di adsense orang lain / halaman website orang lain
Content Bids artinya Anda bisa menentukan harga yang berbeda untuk memasang iklan di content network.
Tips dari saya ialah, Anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Kalau website Anda bertipe menjual, maka Anda butuh pembeli, bukan hanya pendatang. Maka tampilkan iklan Anda hanya di search network. Jadi orang yang masuk ke website Anda hanya orang2 yang mencari solusi akan masalahnya.
Tapi kalau website Anda berisi berbagai informasi dan Anda ingin banyak orang datang termasuk yang hanya ingin lihat2, maka letakkan iklan Anda di content network. Karena orang yang mengklik iklan di website orang lain ialah orang yang iseng2 tertarik dengan kalimat iklan Anda. Perlu dicatat, kalau Anda pasang di content network, impressionnya bisa banyak sekali. Ini cocok buat website bertipe adsense (butuh banyak pengunjung yang suka iseng2 klik).
Nah, trik saya yang lain yang cukup jitu ialah menentukan posisi iklan Anda yang akan ditampilkan.
Trik ini hanya berlaku jika Anda mencentang tulisan enable position preference
Masuklah ke campaign Anda, lalu masuklah ke ad group yang Anda inginkan.
Pilihlah tab keywords untuk menampilkan semua keywords Anda
Centanglah semua keywords Anda, lalu pilih edit keyword settings
Nah, apabila Anda sudah mengaktifkan enable position preferece, Akan ada bagian Position Preference. Tentukan hanya 1 sampai 8, karena halaman pertama hanya berisi 8 iklan. Lalu klik gambar kotak kecil di sebelahnya untuk meng-apply aturan ini untuk semua keyword. Kalau sudah klik save changes.
Dengan demikian, iklan Anda hanya akan ditampilkan di halaman pertama. Kalau tidak muncul di halaman pertama, gak usah tampil sekalian.
====================================
Oh ya bagi teman-teman yang mau belajar bisnis online dengan saya bisa kunjungi website saya di link bisnis ini.
wah makasih mas atas infonya,saya juga mau coba
ReplyDeletepembayaran adwords bisa dari apa ?? kartu kredit ya ?? bisa paypal gak ?
ReplyDeletesetahu saya masih pakai kartu kredit, kalo pakai pay pall belum bisa.
ReplyDeleteSama punyae Ronaldkang.com tuh! njaplak ya??????? Kreatif sedikit dong?!!!!!!!!!!!!!
ReplyDeletebayar yah?
ReplyDeletekalo ga punya kartu kredit gmn donk?
ReplyDeletekirain google adwords gratis!
heheheeeee..........
keren banget artikelxa bro...!!
ReplyDeleteada ga artikelxa tentang ngedit CSS pada WP..???
thanks B4..!!
Ngedit CSS belum punya ...tapi kayaknya gampang kok seperti edit html di template blogger aja. Nanti saya coba dulu ya...trims atas kunjungannya.
ReplyDeleteSiiip, kebetulan akang sedang belajar adwords. Salam kenal nya...nuhun ah...
ReplyDeletemakasih kebetulan new be neh lagi keruk ilmu dari inet mdh2an bermanfaat tnks
ReplyDeletekeren sangath,,...
ReplyDelete