Friday 15 May 2009

Apa Visi Hidup Anda?

Seringkali kita mendengar tentang visi dan misi sebuah perusahaan. Visi dan misi seorang caleg. Visi dan misi seorang Capres dan pasangnnya. Namun jarang sekali kita mendengar tentang visi dan misi seseorang atau bahkan visi dan misi anda sendiri?....Pernahkah anda membuat visi dan misi pribadi anda ......dan menuliskannya?

Pada sesion ini aku ingin berbagi tentang pentingnya anda membuat visi dan misi pribadi. Sehingga anda tidak akan mengalami kebingungan dan salah jalan dalam mengambil keputusan dalam hidup ini.

Suatu saat aku pernah ngobrol sama seorang teman. Fauzi namanya. ” Zi, apa visi hidup mu? Cita-cita hidup yang paling kamu inginkan. Gaya hidup yang akan kamu jalani? Tempat tinggal yang ingin kamu diami? Dll......Terserahlah pokoknya hal-hal yang ingin kamu capai dalam hidup ini?”


Teman ini menjawab, ” Oh kalo itu sih aku nggak muluk-muluk dik. Target kedepan aku ingin mencapai total kekayaan 3 Milyar dari berbagai investasi yang aku lakukan sekarang dalam jangka 3 tahun dari sekarang. Setelah target tercapai. Aku ingin mendirikan sebuah bank rakyat mirip grameen bank nya Muhammad Yunus dari bangladesh itu lho. Dengan target operasional di surabaya dan sekitarnya. Pokoknya bank itu benar-benar bergerak di bidang usaha kecil dan rumah tangga ......dan memang untuk sosial” jawabnya.

Kemudian dia melanjutkan, ” setelah itu sebagian kekayaanku aku pakai beli rumah yang cukup lah di daerah surabaya dan beli mobil impian ”.

Kemudian aku menyela, ” kenapa di surabaya zi? Surabaya kan sumpek, polusi, dan panas?”, tanyaku. Si teman ini menjawab, ” Woh...kalau surabaya itu adalah kota kenangan dan yang paling indah dalam hidupku dik. Nyaman dan mengesankan?’

Lalu apalagi ?”, tanyaku lagi.
” Yang sebagian lagi akan aku gunakan khusus untuk investasi lagi agar berkembang terus” jawabnya.
” Kalau kamu gimana dik?” tanya fauzi ganti.

” Kalau aku juga juga hampir sama Zi dengan kamu, nggak muluk-muluk juga. Tahun ini investasiku bisa mencapai 100 juta. Tahun depan 300 juta. 3 tahun kemudian bisa mencapai 1 Milyar. Kalau itu sudah ke capai aku ingin hidup di daerah kediri atau Yogya. Sama seperti kamu, kota itu yang sangat cocok bagiku. Agak ndeso dan tenang jadi aku bisa menulis terus dan belajar hidup sederhana tapi bahagia. Lagian untuk pendidikan anak juga cukup baiklah. Banyak pondok pesantren maupun pendidikan umum lain yang berkualitas”.

” Terus apalagi dik?” tanya Fauzi.
” Yah setelah itu aku ingin mendirikan sebuah yayasan sosial atau pun sebuah pondok pesantren khusus anak-anak yang nggak mampu. Yang biayanya gratis semua. Seperti yang dirintis seorang teman apoteker di Yogya Mas Prawoto Agung namanya. Dia merupakan salah seorang pengasuh Pondok pesantren Sabilulhuda yang ada di blog ku itu lho Zi”, lanjutku.

” Tapi ada samanya dengan kamu lho zi visiku...yaitu ingin punya mobil 4 wd yang belakangnya bisa untuk angkutan, kayak mobilnya dinas kehutanan itu ya....he..he..he...”, aku melanjutkan.

Ya begitulah visi pribadi yang aku dan temanku ungkapkan pada saat itu. Dan aku mencoba menulis semoga menginspirasikan kita untuk dapat dan berani menulisnya dalam sebuah buku diary. Itulah yang akan menjadi acuan dalam hidup kita nanti.

Menurut Tung Desem waringin, semakin jelas dan spesifik sebuah visi....akan membuat visi itu semakin cepat tercapai. Tetapi kalau visi itu tidak spesifik , maka dia akan sulit tercapai dan hilang entah kemana...seperti awan yang tertiup angin......whuuuus......... Ini sama persis dengan yang ditulis Roda Byrne dalam bukunya The Secret. Bahwa untuk membuat sebuah gambaran sukses seseorang, anda harus mampu memvisualisasikan secara utuh detail dan spesifik. Semakin jelas dan detail gambaran itu....akan semakin jelas visualisasinya. Akibatnya imaginasi yang terbentuk juga akan semakin kuat. So dengan imajinasi yang kuat akan mempercepat tercapainya tujuan atau cita-cita kita. Masih ingatkan tentang artikel tentang imaginasi yang benar dalam artikel sebelumnya?

Pertanyaannya adalah ” Bagaimana Visi Pribadi anda? Apakah sudah spesifik dan jelas? Kalau belum, ubahlah dan yakinlah bahwa anda mampu mewujudkannya....Insya Allah anda akan berhasil menggapainya sesuai dengan target waktu yang anda tetapkan...dan bahkan bisa lebih cepat lagi.....Seperti slogan Jk itu lho, ...lebih cepat lebih baik.....(bukan kampanye lho...!)

Demikian yang dapat aku tulis semoga bermanfaat.

Salam sukses dan bahagia yang luaaaaar biasa....!!!!


2 comments:

  1. om gimana caranya biar visi kita jelas dan detail...aku coba kok susah ya om..! trims

    ReplyDelete
  2. just do it...tulis aja sekarang visi anda...nggak sulit kok....

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.