Saturday 16 May 2009

Tips membeli rumah untuk investasi jangka panjang


Rumah Type Modern Minimalis

Tulisan berikut mengenai investasi di bidang property. Memang kalau kita hanya berpikir jangka pendek, membeli rumah merupakan hal yang tidak begitu menarik. Apalagi kalau untuk investasi. Biasanya kita hanya melirik deposito, saham, emas, giro dll...yang sangat gampang dicairkan sewaktu-waktu.

Namun kalau kita jeli melihat dalam jangka 10 sampai 15 tahun ke depan ....nggak ada salahnya bila kita mulai melirik salah satu tips investasi sederhana ini...yaitu rumah. Mungkin pada awalnya cicilan KPR rumah itu agak memberatkan. Sebagai contoh biasanya cicilan rumah itu memakan biaya hampir 1/3 sd 1/2 dari penghasilan bulanan kita. Untuk tahun pertama sampai dengan tahun kelima agak berat memang. Tapi coba anda lihat tahun berikutnya....pastilah cicilan itu sangat-sangat ringan.


Saya punya seorang teman yg biasa saya panggil Pak Jay. Dia punya cicilan rumah perbulannya 100 ribu rupiah. ......?!! Coba anda bayangkan uang 100 ribu rupiah jaman sekarang bisa beli apa. Namun itu uang 100 ribu pada waktu mulai KPR besar juga lho. Wong gajinya saja cuman 200 ribuan. Kan hampir ½ kali gaji. Tapi dengan berjalannya waktu...uang 100 ribu tiada artinya. Apalagi kalau melihat harga rumah yang dia miliki sekarang.....wow sudah mencapai ratusan juta rupiah.
Jadi buat teman-teman yang ingin beli rumah...beli sekarang hitung-2 untuk investasi jangka panjang. Berikut aku sampaikan sebuah artikel tentang membeli rumah yang aku dapatkan dari sebuah blog.

Beli Properti, Jangan Sesuai Kemampuan
Begitu kata salah satu Mentor saya… kenapa? Karena properti harganya naik terus dan beli properti ada pihak ke-tiga yang dengan rela mau bantu kita membiayai pembelian properti.

Jika Anda memiliki uang 100jt jangan membeli properti yang harganya 100jt. Jadikan saja 100jt itu uang muka, belilah properti yang harganya 300 atau bahkan 1 milyar. Dari mana sisanya, ya dari temen Anda yang banyak uangnya yakni Bank. Coba bayangkan, lima tahun yang akan datang, properti yang Anda beli 100jt nilainya akan menjadi 200 bahkan 300 juta. Sedangkan kalau kita belinya properti seharga 500jt (400jt sisanya uang bank), maka nilai properti tersebut sangat mungkin menjadi 1 Milyar atau bahkan lebih! Memang Anda harus mencicil dan membayar bunga bank…. tapi bunga bank akan kalah oleh pertumbuhan properti itu sendiri. Tidak percaya…??? coba lihat pengalaman saya…

Tahun 1998, saya membeli rumah seharga 95jt. Rumah tersebut saya cicil selama 10 tahun. Total cicilan + bunga selama 10 tahun adalah sekitar 180jt. Tahun 2008 yang lalu, nilai rumah saya sudah mencapai 550jt (hasil apraisal dari Bank). Bisa Anda lihat, kenaikan harga rumah jauh melampaui bunga bank yang saya bayarkan. Jadi, saya sering menyarankan pada teman-teman di Entrepreneur University untuk membeli properti tidak sesuai dengan kemampuan. Artinya, gunakan pihak ke-tiga untuk me-leverage kemampuan kita dalam membeli properti.

Saran lain, seandainya Anda sanggup mencicil rumah 1jt/bln… coba ambil rumah yang lebih mahal atau ambil kelebihan tanah sehingga cicilannya jatuh di angka 1.2 - 1.4jt/bln. Dari mana sisanya yang 200-400rb, cobalah untuk berjuang mencari sisanya dari penghasilan yang lain. Saya yakin bisa asal ada kemauan, dengan cara menekan pengeluaran dan menambah penghasilan. Mungkin di tahun-tahun awal memang akan terasa berat, tapi 2-3 tahun berikutnya beban tersebut tidak akan terasa lagi oleh Anda. Kalau kata temen saya Jaya Setiabudi, The Power of Kepepet…
Berani nggak?

Diambil dari www.semuasaudara.com


3 comments:

  1. Pusing dong tiap hari kepikiran cicilan terus....kapan bisa hidup tenang...

    ReplyDelete
  2. ini namanya menahan diri dari kesenangan sesaat...untuk mencapai kesenangan yang lebih besar di jangka panjang. Coba anda rasakan 10 tahun lagi ktk rmh sdh lunas....pasti luar biasa.

    ReplyDelete
  3. haduh harus segera nabung beli rumah ini..doain saya ya pak :D

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.