Tuesday 27 July 2010

Fantastis....Bos BP Tony Hayward dapat uang pensiun Rp 7,8 Milyar....



Bos BP terima pensiun 600 juta Pound

Bos BP Tony Hayward akan mengantungi uang pensiun tahunan sekitar 600.000 pound sterling (sekitar Rp 7,8 miliar) ketika dia meninggalkan perusahaan tersebut pada bulan Oktober, demikin informasi yang diperoleh BBC.

Hayward akan mundur dari posisi puncak di raksasa perminyakan asal Inggris tersebut setelah menjadi sasaran kritik gencar berkaitan dengan cara dia menangani kebocoran minyak di Teluk Meksiko.

Meski demikian, sebuah sumber di BP mengatakan Hayward akan dicalonkan untuk mengisi posisi non-eksekutif di perusahaan patungan milik BP di Rusia.

Editor bisnis BBC Robert Peston mengatakan besaran pensiun Hayward pasti sangat kontroversial.

Dia juga menerima gaji satu tahun plus tunjangan senilai lebih dari 1 juta pound sterling.

Dana pensiun Hayward ditaksir sekitar 11 juta pound sterling dan dia akan tetap berhak atas saham berdasarkan ketentuan kinerja jangka panjang. Dan, bergantung pada pemulihan saham BP di bursa, nilai saham tersebut pada akhirnya bernilai beberapa juta pound sterling.

Editor bisnis kami mengatakan, mengingat Hayward mundur dari BP atas dasar kesepakatan bersama, bukannya pemecatan, dewan direksi BP merasa berkewajiban untuk memenuhi ketentuan-ketentuan kontrk dengannya.

Dia akan digantikan oleh seorang sejawatnya dari Amerika, Bob Dudley, demikian informasi yang diperoleh BBC, meski belum ada pengumuman resmi.

Dudley, yang bertanggungjawab atas operasi pembersihan tumpahan minyak di Teluk Meksiko, adalah mantan bos usaha patungan BP-TNK, namun dia terpaksa meninggal Rusia pada tahun 2008 di tengah sengketa dengan pemegang saham.
Karir
Logo BP BP bersiap untuk mengumumkan laporan kinerja terbarunya hari Selasa. Laporan itu akan memperhitungkan kompensasi tumpahan minyak dan biaya hingga 19 miliar pound sterling, dan mungkin akan mencatat kerugian kuartalan terburuk dalam sejarah bisnis Inggris.

Laporan mungkin juga menyinggung ketentuan paket pesangon Hayward yang kinerjanya selama krisis dikecam banyak pihak.

Hayward mengawali karirnya di BP 28 tahun silam sebagai ahli geologi anjungan di Laut Utara sebelum karirnya menanjak hingga ke kursi dewan direksi. Dia pilihan populer untuk mengisi posisi chief executive ketika Lord Browne mundur pada tahun 2007.

Namun, dia dipecat di posisi tertinggi itu berkaitan dengan tahun terburuk dalam sejarah BP.

Ketika dia mulai menjadi chief executive pada tahun 2007, Hayward mengatakan kepada wartawan bahwa tugas nomorsnya adalah berfokus seperti sinar laser pada urusan keselamatan dan keandalan.

Ledakan di anjungan minyak di lepas pantai Louisiana pada 20 April, yang menewaskan 11 orang dan memicu kebocoran minyak paling parah di Amerika Serikat, memunculkan pertanyaan seputar kepemimpinan.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.