Friday 3 July 2009

Belajar Kedisiplinan dari Sun Tzu

Sun Tzu

Dalam hal apapun…kedisiplinan merupakan pondasi yang wajib dimiliki oleh seseorang untuk dapat meraih sukses. Seorang tentara yang berperang, membutuhkan disiplin untuk kapan maju perang, kapan harus mundur dulu untuk mengatur strategi. Dalam agama kita selalu diajarkan bagaimana melatih anak untuk disiplin. Misalnya kapan waktunya harus beribadah, kapan waktunya bermain, kapan harus belajar, dan kapan harus istirahat. Namun yang lebih penting dari semua itu adalah memberikan tauladan tentang kedisiplinan.

Artikel berikut aku dapatkan dari sebuah blog di www.jsxtrader.blogspot.com tentang bagaimana seorang Sun Tzu melatih kedisiplinan.


Kedisiplinan Menurut Sun Tzu


Alkisah kaisar bertanya kepada Sun Tzu mengenai kedisiplinan, dia pun kemudian memberi contoh dengan melatih kedisplinan sekitar 180 wanita istana. Sun Tzu mengajarkan rasa disiplin dengan melatih mereka cara baris berbaris. 2 orang gundik dari kaisar ditunjuk untuk menjadi pemimpin latihan tersebut.

setelah memberikan instruksi kepada kedua pemimpin, Sun Tzu memerintahkan untuk memulai mengatur barisan. Kedua gundik itu kemudian mengatur barisan sambil bercanda, akibatnya barisan manjadi kacau balau.

Sun Tzu kemudian memanggil kedua gundik tersebut dan memberikan pengarahan kembali, dan memerintahkan melanjutkan barisan, lagi-lagi kedua gundik itu bercanda dengan genitnya, dan tidak mempedulikan perintah yang diberikan oleh sun tzu. Akibatnya barisan menjadi kacau lagi.

Algojo pun dipanggil, dan diperintahkan untuk memenggal kedua gundik itu, Sun tzu kemudian memilih 2 orang dari dalam barisan untuk menggantikan, sekali lagi diberikan perintah yang sama. Dan kepada semua peserta diumumkan barangsiapa yang tidak mengikuti aba-aba pemimpin akan dipenggal juga.

Pada saat barisan dilaksanakan, setiap orang dengan taat mengikuti perintah, dan tidak ada sedikitpun suara yang terdengar. Sun Tzu berkata kepada kaisar " inilah DISIPLIN ".

Disiplin baru bisa ditegakkan jika ada hukuman. Bagi anak kecil mungkin hukuman untuk pelanggaran disiplin adalah pemotongan uang jajan. Untuk karyawan mungkin adalah surat peringatan atau bahkan pemecatan.

Namun sayangnya saat kita trading tidak ada seorang pun yang mampu mendorong kita untuk disiplin. padahal disiplin adalah hal yang sangat penting.

SEBAGUS APAPUN TRADING SYSTEM ANDA, TANPA DISIPLIN TIDAK ADA GUNANYA

anda mungkin telah menetapkan Cut Loss Point pada saat buy suatu saham, tapi jika pada saat harga menembus CL point itu, anda tidak disiplin untuk mengikutinya, APA GUNANYA MENETAPKAN CUT LOSS POINT ?

Tidak ada seorang pun yang dapat memaksa anda untuk disiplin, kecuali ANDA SENDIRI

Loss yang kita alami bisa digolongkan menjadi 2 macam :
1. Loss yang memang tidak bisa dihindari, loss ini kita alami meskipun semua sinyal entry sudah benar, position sizing kita sudah sesuai MM, ( jangan kecil hati, ini memang sering terjadi ) umumnya loss ini kecil ( jika anda memang mengikuti Money Management )

2. Loss yang terjadi karena kita tidak disiplin mengikuti trading plan. sebenarnya loss yang timbul bisa kecil, namun karena ketidak-disiplinan kita, loss itu malah membengkak.

Dalam trading kita dituntut untuk melakukan "self discipline", karena tidak ada orang lain yang kurang kerjaan memperhatikan trading kita. gunakanlah loss yang dialami sebagai hukuman, agar kita tetap disiplin, tapi ironisnya banyak orang yang berusaha untuk melupakan lossnya, seakan-akan tidak pernah terjadi, jika demikan kapan belajarnya.


No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.