Saturday 12 February 2011

Rakyat Mesir rayakan kemenangan atas mundurnya Mubarak...


Hussein Tantawi (www.defense.gov)

Tekanan yang besar dari rakyat Mesir akhirnya membuat Mubarak mundur dari jabatnnya. Namun pengumuman ini disampaikan oleh wakil presiden Sulaeman. Lebih lanjut simak berita detiknews.com berikut ini:

Pengunjuk rasa yang telah berkemah selama 18 hari di lapangan Tahrir, Kairo mengatakan mereka akan segera pulang setelah merayakan kemenangannya. Mundurnya Presiden Hosni Mubarak sebagai pemimpin Mesir dianggap sebagai kemenangan besar bagi warga negeri pharaoh ini.

"Kami akhirnya bisa pulang. Kami sudah di sini selama 18 hari menunggu dia pergi dan kami melakukannya." ujar seoarang demonstran, Ibrahim (38) seperti dilansir dari AFP.com, Sabtu (12/2/2011).

Para pengunjuk rasa yang menduduki alun-alun tidak memiliki organisasi pusat untuk mengarahkan mereka. Tapi beberapa pengunjuk rasa akan menghabiskan malam di alun-alun untuk merayakan kemenangan mereka sebelum pulang.

Protes anti rezim Mubarak ini terjadi meletus sejak 26 Januari 2010 lalu. Aksi ini dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 300 orang dan banyak orang terluka atau ditahan.

Lebih dari sejuta orang memadati jalan-jalan di berbagai penjuru Mesir seusai salat Jumat. Pada Jumat pagi, militer menjamin bahwa reformasi demokratis akan dilaksanakan di Mesir.

Hingga pada malam harinya, Wakil Presiden Mesir Omar Suleiman mengumumkan mundurnya Hosni Mubarak. Dalam pernyataannya, Omar juga menjelaskan bila saat ini tampuk kekuasaan Mesir tidak di tangannya melainkan berada di majelis militer Mesir.

Majelis tertinggi militer diserahi kekuasaan untuk memimpin Mesir untuk sementara. Majelis tersebut dipimpin oleh Menteri Pertahanan Mesir, Muhammad Hussein Tantawi.

Reuters, Jumat (12/2/2011), mengupas sedikit latar belakang Hussein Tantawi yang akan berkuasa di Mesir untuk sementara. Pria berumur 76 tahun ini yang akan bertanggung jawab sementara di Mesir sambil menunggu langkah konstitusional selanjutnya.

-Tantawi lahir tanggal 31 Oktober 1935 dan mulai bergabung angkatan bersenjata tahun 1956.

-Tantawi menjabat sebagai menteri pertahanan sejak 1991 dan panglima angkatan bersenjata mulai tahun 1995.

-Tantawi pernah memimpin pasukan dalam 3 kali peperangan melawan Israel. Pada tahun 1956 saat Krisis Suez, tahun 1967 dan 1973 dalam perang timur tengah.

-Tantawi ditunjuk menjadi deputi perdana menteri, rangkap jabatan sebagai menteri pertahanan, pada saat Mubarak membubarkan kabinetnya tanggal 29 Januari 2011.

-Latar belakang militer Tantawi telah memunculkan spekulasi kalau dia juga akan mengincar kursi presiden, meskipun beberapa pengamat menilai dukungan dia dari militer tidak terlalu kuat.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.