Thursday 4 December 2008

JADIKAN BLOG SEBAGAI WEBSITE PERTAMA ANDA

Internet merupakan alat komunikasi yang paling sering digunakan dewasa ini. Di negera-negara maju internet sudah memegang peranan yang sangat penting didalam setiap segi kehidupan mereka. Tentu saja di Negara berkembang seperti Indonesia internet belum menjadi alat komunikasi yang utama seperti di Negara maju. Namun saya yakin dalam beberapa tahun kedepan internet akan menjadi alat komunikasi sekaligus bisnis yang paling utama. Sehingga apabila kita tidak memulai sekarang dalam merintis bisnis online di internet, kita akan ketinggalan.

Untuk memulai bisnis di internet kita harus mempunyai website atau situs yang bisa kita gunakan untuk media komunikasi ataupun media bisnis online. Namun apabila anda menganggap mempunyai web masih terlalu rumit, ada baiknya anda mencoba menuangkan ide-ide anda melalui sebuah blog yang sudah tersedia secara gratis. Anda bisa mengasah kemampuan anda setahap-demi setahap yang suatu saat nanti akan berguna apabila anda sudah memiliki web yang lebih bagus. Bagaimana cara memilki blog?

Anda dapat mengunjungi website yang menyediakan blog secara gratis semacam www.blogger.com atau www.wordpress.com atau website yang lainnya. Setelah itu tinggal ikuti saja langkah pembuatan blog yang tersedia.

Berikut tips-tips dalam membuat blog agar menjadi blog yang mempunyai traffic yang tinggi:

1. Blog terdaftar di search engine, terutama Google

Ini artinya blog anda mudah di-index oleh Google. Di-index oleh Google maksudnya adalah blog anda “terdaftar” di Google.
Untuk mengecek apakah blog atau website anda terdaftar di Google atau tidak, ketik “site:namadomain.com” di Google.
Contoh: Kalau anda mau cek apakah situs detik.com terdaftar di Google atau tidak, ketik “site:detik.com” di Google.
Hasilnya seperti ini (silakan klik di gambar tsb untuk memperbesar):

Ini menunjukkan bahwa detik.com telah di-index oleh Google. Jumlah halaman yang telah di-index adalah 879.000 halaman.

2. Kembangkan blog anda secara bertahap sesuai kemampuan anda.

Kecuali anda adalah seorang web designer, kalau tidak anda pasti pusing bagaimana men-design website anda.
Dengan blog, anda tidak perlu mengerti bagaimana melakukan graphic design terhadap blog anda, karena anda hanya perlu memilih design “theme” yang sudah tersedia. Benar-benar plug-and-play!

3. kembangkan blog menjadi interaktif

Dengan adanya fitur dimana para pengunjung bisa meninggalkan komentar di blog anda (dan ini pun anda tidak perlu pusing belajar bagaimana install script-script yang rumit di website anda karena blog pada dasarnya sudah memiliki fungsi ini), blog anda menjadi interaktif.

Anda bisa bergaul dengan pengunjung anda melalui fitur komentar ini. Mereka bisa menanya kepada anda dan anda bisa menjawab pertanyaan mereka. Artinya anda membina hubungan dengan mereka.

Kalau website anda tidak menggunakan blog, anda perlu install script untuk mendapatkan fungsi semacam ini. Masalahnya adalah tidak setiap orang mengerti bagaimana menginstall script di websitenya.

1 comment:

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.