Monday 22 September 2008

Bakti Seorang Cucu Pada Neneknya


Dikisahkan tidak jauh dari sebuah hutan seorang nenek tinggal disebuah rumah bersama anak dan menantu beserta cucu laki2 nya. Sang nenek diusianya yg telah senja ditambah keadaan fisiknya yg lemah. Sejak suaminya meninggal dunia saat anaknya masih kecil,dia seorang diri harus merawat anak dan bekerja keras untuk menghidupi keluarganya.
Keadaan Sang nenek yg sering sakit-2 an membuat gundah hati anak dan menantunya. Mereka merasa terbebani atas kondisi tersebut.Anak dan menantunya pun merencanakan untuk melenyapkan sang nenek supaya lepas dari beban. Suatu hari anak dan menantunya mengajak nenek berjalan-jalan di hutan sambil membawa kurungan.Sesampainya di hutan sang nenek pun dimasukkan kedalam kurungan supaya dimakan binatang buas.
Sementara itu tanpa sepengetahuan ayah dan ibunya sang cucu yg merasa curiga dengan tingkah ayah ibunya berusaha mengikuti dari belakang. Setelah ayah dan ibunya pulang, sang cucu mendapati neneknya sedang berada didalam kurungan di tengah hutan. Sang cucu kemudian melepaskan sang nenek dan menyembunyikan di suatu tempat. Setelah itu sang cucu pulang dengan membawa kurungan. Sampai di rumah dia bertemu dengan ayahnya dan bertanya’Dari mana engkau nak?’tanya sang ayah kepada anaknya.”Dari hutan ayah dan aku menemukan kurungan ini lantas aku bawa pulang” jawab sang anak.
Dalam hatinya sang ayah merasa lega karena rencana untuk menyingkirkan nenek sudah berhasil, sang nenek mungkin sudah di mangsa oleh binatang buas dan hanya kurungannya saja yang tertinggal. Kemudian sang ayah bertanya lagi pada anaknya”Lantas kenapa kamu bawa pulang kurungan itu?”tanya sang ayah penasaran. Sang anak menjawab “Iya ayah, suatu saat nanti kalau ayah dan ibu sudah tua dan sakit-2an seperti nenek, maka aku akan memerlukan kurungan ini, untuk ayah dan ibu dan membuangnya di hutan seperti yang ayah dan ibu lakukan pada nenek”. Alangkah kaget nya sang ayah dengan jawaban sang anak yang tidak diduganya itu. Mereka merasa malu dan sadar bahwa apa yang mereka perbuat adalah salah.
HIKMAH YANG TERKANDUNG
Seburuk apapun orang tua kita, harus kita rawat dengan sebaik-baiknya.Karena suatu saat nanti kita akan seperti mereka mengalami tua dan sakit-2an.Apabila kita baik dengan orang tua kita pasti anak kita akan berbuat baik pula pada kita suatu hari nanti.

1 comment:

  1. Bener banget gan.. semua orang pasti akan tua, tk ada yang abadi di dunia ini :)

    inspirratif :)

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.