Wednesday 24 September 2008

OJO RUMONGSO BISO NING BISOHO RUMONGSO



OJO RUMONGSO BISO NING BISOHO RUMONGSO
(Pepatah jawa)

Ketika pertama kali saya mendengar kalimat itu, begitu asing dan tidak tahu apa maksudnya. Namun kok kedengarannya enak ya, akhirnya saya hanya menghafalkannya sampai sekarang.

Ketika itu penulis memang suka hal-hal yang berbau mistik. Namun lambat laun penulis mulai berpikir rasional dan mengurangi hal-hal yang mistik tersebut.
Belakangan makin maraknya diskusi tentang positif thinking ataupun positif feeling dan kuantum ikhlas, saya mulai mencoba menghubungkannya dengan kalimat tersebut di atas. Bagi orang jawa kalimat itu mungkin sudah tak asing lagi artinya. Namun begitu, saya yakin tidak semua orang jawa tahu akan maksud yang terkandung di dalamnya.

“OJO RUMONGSO BISO NING BISOHO RUMONGSO” kurang lebih artinya adalah “jangan merasa bisa tapi bisakah engkau merasa”. Yang dimaksud merasa di sini adalah olah rasa. Bagaimana kita bisa mengolah rasa kita sedemikian rupa sehingga menjadi rasa yang sejati, yaitu rasa yang positif atau dalam bahasa sekarang positif feeling. Rasa itu begitu kuat dan seakan-akan tidak ada keraguan sedikitpun terhadapnya.

Bagaimana mencapai “Rasa” itu? Salah satu syaratnya adalah kita selalu mensyukuri nikmat yang kita peroleh setiap saat dan menjalani hidup dengan penuh keikhlasan. Tanpa itu semua saya yakin positif feeling nggak akan tercapai.cobalah anda terapkan setiap anda bangun tidur buatlah daftar tentang hal-hal yang dapat anda syukuri saat itu. Dan rasakanlah anda benar-benar mensyukurinya dengan sepenuh hati. Setelah anda merasakan perasaan syukur yang mendalam itu, bangunlah dan ucapkan terima kasih kepada Tuhan atas semua nikmat yang telah anda rasakan.

Apa akibatnya kalau kita selalu mensyukuri nikmat-Nya? Tentu saja kita akan lebih dekat dengan Tuhan Yang Pemberi nikmat. Semakin dekat dengan Tuhan tentu saja hati kita semakin tenang. Hati yang tenang membuat pikiran kita menjadi tajam. Dengan begitu semangat menjadi berkobar laksana api yang membara. Semangat itulah yang menentukan tingkat keberhasilan kita untuk mencapai sukses.

Keraguan, kecemasan, ketakutan adalah halangan yang harus dilalui untuk mencapai sukses. Semua itu dibuat oleh pikiran yang belum matang. Pikiran yang masih was-was akan membuat kita takut bertindak dan takut melangkah. Tenangkanlah pikiran anda dan dengarkan hati nurani anda. Rasakan bahwa anda sukses dan bersemangat setiap hari sebelum berangkat ke kantor. Saya yakin anda pasti akan mencapai sukses yang luar biasa. Salam sukses.

3 comments:

  1. Kok aku durung dong yo opo maksude?

    ReplyDelete
  2. setuju, syukur akan membuat kita lebih bahagia! apapun yang terjadi harus kita syukuri.

    ReplyDelete
  3. wah memang ideal kalau bisa syukur setiap hari, hati menjadi tenang dan bahagia, aku akan coba deh!

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.