Saturday 20 September 2008

sikap hidup positif



Sikap hidup merupakan satu hal yang paling utama dalam menjaga kesehatan kita.Sikap hidup yang baik akan membuat tubuh dan pikiran kita sehat dan jauh dari stress.Sebaliknya sikap hidup yang buruk pasti akan membuat tubuh dan pikiran kita kurang nyaman dan gampang terkena stress yang ujung-ujungnya bisa terkena stroke juga.

Baiklah kita mulai dari sikap hidup yang positif itu apa.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh kita untuk mencapai sikap hidup sehat. Yang pertama adalah seberapa besar kita mencintai diri kita terlepas pada saat ini apakah kita sedang sehat ataupun sakit. Lihatlah ke dalam diri anda betapa besar anugerah yang kita terima dari Tuhan ini, yaitu berupa tubuh dan pikiran yang luar biasa.Perhatikan nafas kita yang keluar dan masuk yang membuat diri kita merasa segar dan kuat.Bayangkan kalau nafas kita tidak berjalan semestinya betapa sakitnya.Sudah sepatutnya kita mengucapkan syukur yang tak terhingga atas karunia yang luar biasa ini.Syukurlah maka anda akan menjadi bahagia.

Tahap ini adalah tahap yang paling sulit dilewati,namun kalau anda berhasil melewatinya penulis yakin 50 % masalah anda telah terpecahkan,sakit anda telah berkurang dan anda akan memulai dengan hidup yang lebih baik dan lebih positif.Janganlah terburu-buru untuk melewati tahap ini.Betul-betul rasakan perasaan syukur yang mendalam sampai-sampai anda merasa terharu dan keluar air mata bahagia itu jauh lebih baik lagi.

Tahap berikutnya adalah memaafkan.Apa yang dimaafkan adalah anda harus memaafkan diri anda sendiri terlebih dahulu.Carilah apa yang paling anda sesalkan dalam hidup anda yang tidak dapat anda lupakan, lalu lihatlah ke diri anda.Apakah rasa penyesalan itu masih hadir dipikiran anda dan membebani langkah anda?Kalau masih ada maka maafkanlan diri anda sebagaimana seorang ibu yang memaafkan anaknya yang berbuat salah karena dianggap belum mengerti.Berdamailah dengan diri sendiri yakinlah dengan memaafkan diri sendiri maka jauh lebih baik untuk anda melangkah ke depan.Hanya anda yang bertanggung jawab terhadap diri anda sendiri.Bukan ayah,ibu,suami,istri,anak-anak, atau bahkan teman-teman kita ataupun yang kita ”anggap” sebagai musuh kita.

Pejamkan mata anda sekitar 5 menit dan lihatlah diri anda yang sekarang ada, yang polos tanpa beban tanpa masalah, dan terimalah apa adanya.Tersenyumlah dan syukurlah, maka anda akan merasakan energi bahagia yang luarbiasa dahsyatnya.
Sekarang bukalah mata anda dan rasakan sekeliling anda, masih seperti semula, kursi itu masih dipojok sana, meja masih yang itu-itu juga, tembok,televisi, dan semua barang-barang yang selama ini menemani anda masih sama.Tapi ada yang berbeda yaitu sudut pandang anda,persepsi anda yang berbeda.

Sebuah persepsi yang lahir dari rasa syukur yang mendalam yang hadir pada saat ini yang mampu membuat semua itu menjadi lebih bermakna dan membahagiakan.Kita kadang terlalu memikirkan apa-apa yang belum kita peroleh,apa-apa yang sangat kita inginkan tetapi melupakan apa-apa yang sudah didepan kita, sesuatu yang telah kita miliki.Akibatnya apa? Kita selalu merasa kurang, kurang dan kurang terus.Rasa kurang yang tiada ujung itulah yang telah menjerumuskan kita kedalam kesengsaraan yang tak berkesudahan.Kalau kita menyadari ini bersyukurlah berarti anda telah jujur terhadap diri anda sendiri.Rubahlah persepsi anda menjadi persepsi syukur yang tanpa batas yang lebih membahagiakan dan lebih menyehatkan tubuh maupun jiwa anda.Ingat semua tergantung pada anda mau bahagia atau menderita.Tidak ada seorangpun yang bertanggung jawab terhadap kebahagiaan anda selain anda sendiri.

Dengan memaafkan diri sendiri berarti anda akan lebih mencintai dan menyayangi diri anda sendiri.Anda akan lebih peduli dan lebih bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh maupun jiwa anda.

Sekarang sentuhlah bagian-bagian tubuh anda dan lihatlah dengan penuh syukur, dan ucapkanlah terimakasih karena telah memiliki tubuh yang merupakan karunia yang luar biasa dari Tuhan.Betul-betul rasakan tubuh anda, mata anda, kulit anda, bibir anda, telinga anda, jantung anda,paru-paru anda,nafas anda rasakanlah dan syukurlah.Mulai hari ini sempatkan diri anda untuk selalu mengucapkan terima kasih pada tubuh anda, yang merupakan bukti keagungan Tuhan yang tak ternilai.Tariklah nafas perlahan kemudian hembuskan semua beban yang ada.Ulangi beberapa kali sampai anda merasa lebih tenang dan damai.

Lakukanlah permintaan maaf ini kepada kedua orang tua kita,ayah dan ibu yang membesarkan kita,mendidik dan menjaga sampai kita dewasa.Visualisasikan wajah ayah dan ibu kita yang mungkin sudah tua dan keriput.Ucapkanlah permintaan maaf yang mendalam dan berterimakasihlah terhadap semua kasih sayang yang mereka berikan.
Tariklah nafas perlahan dan hembuskan.Ulangi beberapa kali sampai anda betul merasakan terima kasih kepada kedua orang tua anda.

Permintaan maaf berikut adalah kepada kakak adik kita,teman-teman kita mulai dari SD sampai perguruan tinggi,teman sekerja,dan seluruh kolega yang pernah anda kenal,mulai dari pimpinan anda sampai staf,bahkan tukang parkir, dan cleaning servis di kantor anda.Rasakan permintaan maaf tersebut betul-betul tulus dari hati yang paling dalam.

Permintaan maaf berikut adalah permintaan maaf yang cukup berat namun sangatlah berarti dalam proses mencapai sikap hidup yang positif,yaitu permintaan maaf pada orang-orang yang anda anggap sebagai musuh atau lawan anda.Niatkanlah dengan sungguh-sungguh bahwa anda minta maaf atas semua yang telah terjadi, dan sudah tidak tersisa lagi dendam di hati.Visualisasikan satu persatu orang-orang yang anda benci,dan maafkanlah mereka atas tindakan mereka yang selama ini mungkin menyakiti anda.Kirimkanlah doa kepada mereka semoga mereka diberi petunjuk untuk berbuat lebih baik.

Berhentilah sejenak rasakan nafas anda, hiruplah nafas yang dalam dan pelan,ambillah perasaan cinta dan kasih dari alam,kemudian hembuskan semua rasa dendam dan sakit hati yang selama ini terpendam.Lakukan beberapa kali sampai anda betul-betul merasakan kelegaan dan keharuan yang luar biasa.Sekarang kirimkanlah doa,cinta dan kasih sayang kepada mereka semua...

Mulai sekarang niatkanlah untuk selalu bersikap positif terhadap apapun yang ada disekitar kita.Berbagilah rasa cinta dan bahagia kepada setiap orang yang kita temui,sebarkanlah virus cinta dan bahagia ini sehingga membakar semua emosi negatif yang ada.

Cobalah terapkan afirmasi di bawah ini:

”MULAI HARI INI SAYA AKAN BERSIKAP POSITIF TERHADAP SETIAP ORANG YANG SAYA JUMPAI DAN SAYA AKAN TERSENYUM DAN MENEBARKAN RASA CINTA DAN BAHAGIA KEPADA MEREKA SEMUA TANPA MEMBEDA-BEDAKAN STATUS ATAU JABATAN MEREKA”

3 comments:

  1. memang bagus uraian nya, tapi kayaknya susah ya di praktekan.Tapi nggak ada salahnya kalau kita bisa memaafkan semua orang bahkan musuh kita sekalipun.Thanks

    ReplyDelete
  2. segala sesuatu memang berasal dari pikiran kita, kalau pikiran stress, gelisah, tentu tubuh gampang sakit, so buat pikiran rileks.

    ReplyDelete
  3. sangat menarik, trims.

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.