Monday 22 September 2008

Kegigihan Seekor Laba-laba



Semangat dan kegigihan seekor laba-laba di cerita berikut ini menginspirasi kita tentang semangat pantang menyerah yang luar biasa. Sesungguhnya setiap peristiwa yang terjadi di kehidupan kita ,menyedihkan atau menyenangkan,menguntungkan atau merugikan tergantung sudut pandang kita bagaimana kita melihatnya dan menanganinya. Inilah kisahnya;

Dikisahkan di sudut atap sebuah rumah tampak seekor laba-laba yang setiap hari bekerja dengan giat dan rajin membuat sarangnya. Suatu hari saat hujan deras rumah yang sudah tua itupun mengalami kebocoran dan sarang laba-labapun rusak. Tembok menjadi basah dan licin. Si laba-laba bersusah payah berusaha merayap naik untuk mengaun kembali sarangnya. Tetapi karena tembok licin si laba-laba terjatuh . Berusaha lagi dan jatuh lagi. Berulang ulang tetapi si laba-laba tetap berusaha dengan kegigihan yang luar biasa.
Saat itu di dalam rumah berpenghuni 3 orang kakak beradik. Kebetulan mereka secara bersamaan menyaksikan laba-laba itu. Ketiganya memberi komentar sebagai berikut.
Si sulung berkomentar “nasibku sama dengan laba-laba itu. Walaupun telah bersusah payah berusaha terus menerus tetapi hasilnya selalu gagal dan gagal terus.Yah begitulah nasibku. Berusaha sekuat apapun hasilnya nol”.
Pemuda yang kedua berpendapat”Laba-laba itu sangat bodoh sekali. Kenapa tidak ambil jalan pintas dengan memutar.Suatu saat kalau saya menghadapi masalah seperti itu saya akan mengambil jalan pintas dengan berbagai akal untuk menghindari kesulitan dan tidak perlu bersusah payah menghadapinya. Saya tidak akan seperti laba-laba yang bodoh itu”.
Lain lagi dengan pendapat sibungsu. Melihat kegigihan laba-laba hatinya tergugah tidak peduli berapa kali jatuh dia tetap bangkit dan berusaha.”Laba-laba itu begitu kecil tetapi mempunyai semangat yang pantang menyerah yang luar biasa. Saya harus belajar pada ketabahan dan keuletan dari laba-laba itu.Dengan mencontoh kegigihan dan semangat juang seperti itu saya pasti akan sukses”.

Kisah diatas sangat inspiratif sekali.
Saat kita menghadapi kesulitan karena penanganan yang berbeda dan persepsi berbeda akan menghasilkan kesuksesan berbeda pula.
Jika setiap kita menemukan rintangan kita berusah lari dan selalu mencari jalan pintas, pasti mental kita akan lemah dan rapuh. Tentu saya setuju dengan pendapat si bungsu bahwa kegigihan adalah sesuatu yang harus kita miliki demi mencapai kemajuan. Kita harus membiasakan diri melihat setiap masalah atau problem yang muncul sebagai sesuatu yang wajar dan harus dihadapi. Karena kematangan mental seseorang dibangun dari fondasi banyaknya kelemahan , kesulitan dan problem yang mampu diatasi. Jelas dengan kegigihan, ketabahan, dan usaha yang konsisten, kesuksesan yang kita peroleh pasti berkualitas dan membanggakan.
(Di nukil dari :andrie wongso dalam bukunya wisdom dan motivasi)

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.