Monday 22 September 2008

JAMAN EDAN



SYAIR RONGGO WARSITO

"SAIKI JAMANE JAMAN EDAN
YEN ORA EDAN ORA KEDUMAN
SAK BEJO BEJONE WONG KANG EDAN
ISIH BEJO WONG KANG ELING LAN WASPODO"

Terjemahan:

Sekarang jamannya jaman gila
Kalau ndak ikut gila ndak mendapatkan apa-apa
Walaupun kelihatan beruntung orang gila itu
Namun lebih beruntung orang yang sadar dan waspada

Syair diatas begitu tepat menggambarkan keadaan sekarang.Padahal syair itu telah ditulis berabad-abad lamanya oleh seorang pujangga besar di kerajaan surakarta.Pada saat itu terjadi seperti digambarkan dalam syair yaitu masa gila.Karena pemimpin hanya memikirkan perutnya sendiri dan mengabaikan rakyatnya.banyak orang-orang yang mengabaikan tuntunan agama dan mengumbar hawa nafsu.

Apakah kita harus ikut arus kegilaan ini? tentu saja tidak. Kuatkan iman dan mantapkan niat untuk selalu menjadi yang terbaik dalam mengabdi pada Nya. Berbuatlah yang adil dan bijaksana,demi kebahagiaan seluruh rakyat yang kita pimpin.

Setiap diri kita adalah pemimpin. Ada pemimpin keluarga yang mengarahkan seluruh potensi keluarga untuk mencapai kebahagiaan sejati. Bagaimana mendidik istri, anak-anak, saudara dekat, dan orang-orang sekitar kita? Kalau kita merasa bertanggungjawab terhadap kemajuan moral maupun intelektual mereka, berarti kita telah sesuai sebagai pemimpin.

Menjadi orang jujur sangatlah berat. Menjadi orang baik apalagi. Namun dengan memilih untuk jujur dan baik, saya yakin kita akan memperoleh kebahagiaan yang jauh lebih besar dari semuanya.

1 comment:

  1. di sini ada dua tokoh, pak bejo dan pak jaman, he he he

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.