Monday 20 October 2008

mau bisnis"Just Do It"

Toko kelontong ibuku

Suatu ketika ibuku ingin membuka usaha di rumah. Tidak ada tempat khusus untuk dibuat toko. Hanya ruang depan yang biasa untuk terima tamu itu saja yang dimanfaatkan. Aku sendiri yang mengantar ibu untuk belanja ke pasar. Ibu mencari barang-barang yang mungkin laku. Barang-barang keperluan sehari-hari seperti gula pasir, rokok, sabun cuci, indomie, dan sebagainya. Yah mungkin kalau di total semua kurang dari 200 ribu.
Waktu itu aku hanya berfikir, just do it. Kerjakan saja.

Mungkin sama dengan yang ibu pikirkan waktu itu.. Tapi apa yang terjadi sekarang. Dengan modal yang sekecil itu ternyata toko ibu berkembang dengan cepat. Bisnisnya pun berkembang dengan adanya tambahan dari bisnis minyak tanah, kemudian bisnis loundry. Bahkan asetnya mungkin sekarang sudah mencapai jutaan. Memang, kadang kesempatan yang besar selalu dimulai dengan satu kesempatan kecil yang ada. Jangan lewatkan kesempatan yang ada walaupun itu kecil. Siapa tahu itu merupakan jembatan kesuksesan yang besar bagi kita dimasa mendatang.

Sungguh suatu yang tidak terbayangkan waktu itu. Mungkin benar apa yang dikatakan Bob Sadino, kalau mau bisnis, jangan terlalu banyak harapan. Just do it. Kerjakan saja dan lihat apa yang terjadi. Pertama kali bob sadino bisnis jualan telur ayam, dia sama sekali tidak pernah membayangkan bahwa suatu saat nanti dia bisa membeli rumah mewah, mobil mewah, atau hal-hal lain yang luar biasa hebat. Dia hanya berpikir bahwa dia hanya perlu jualan untuk mendapatkan penghasilan. Kalau waktu itu bob sadino berharap bahwa nati jadi jutawan seperti itu, mungkin dia tidak akan memulai bisnisnya. Masak calon jutawan kok jualan telur.

Tapi apa yang terjadi dengan dia sekarang. Bisnisnya berkembang dengan pesatnya bahkan melebihi impian setiap orang.

Kita sering terlalu bermimpi dengan buaian harapan yang tinggi, namun tanpa action yang jelas. Akibatnya apa yang terjadi, kita gampang patah arang apabila terjadi kegagalan. Kalau anda mempunyai ide bisnis, kerjakanlah sekarang. Jangan menunggu siap dulu. Karena tidak ada kata sempurna untuk memulai sebuah bisnis. Kalau kita menunggu semua siap dan lengkap dulu, saya yakin seumur hidup kita tidak akan memulai bisnis.

Salam Sukses dan semangat yang luaaaaaar biasa

2 comments:

  1. Betul dik, salah satu hambatan orang memulai suatu ide bisnis atau usaha adalah merasa modal belum siap atau cukup, juga ada perasaan yg menghantui kegagalan saat menjalankan bisnis itu. Tapi bila ide bisnis itu didasari dengan kecintaan, hobi dan enjoy tentu bisnis itu akan terealisasi entah sukses atau edak itu urusan nanti, betul just do it and enjoy !!!!!

    ReplyDelete
  2. Betul pak...seperti saya jualan pulsa. Mungkin untungnya cuman seribu rupiah per pulsa...tapi saya jalanin juga asal itu halal dan mendatangkan manfaat bagi kita.

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.