Saturday 15 November 2008

apakah berpikir positif berbahaya?

Suatu saat aku sangat tertarik membaca sebua blog dengan judul “ bahaya berpikir positif”. Wah kayaknya lihat judunya aja sudah begitu negative, tapi aku coba membaca mungkin ada sesuatu yang bisa kudapatkan. Setelah kubaca uraiannya ternyata bukan berpikir positif yang bahaya tetapi proses berpikir positif yang salah.

Apa benar berpikir positif itu salah dan bahaya?
Dalam artikel itu mencontohkan bahwa ada seorang temannya yang selalu berpikir positif tetapi selalu gagal. Teman itu selalu berpikir positif bahwa penjualannya akan meningkat 140 % untuk bulan ini, tetapi nyatanya apa yang terjadi penjualannya selalu turun. Apakah teman itu salah dalam berpikir positif? Lantas apakah berpikir positif itu berahaya?

Istriku pernah bilang, dulunya dia sangat takut berpikir positif karena takut kalau nggak tercapai nanti malah kecewa? Tapi melihat berbagai manfaat dari berpikir positif akhirnya dia sekarang lebih memilih untuk berpikir positif dalam setiap keadaan.

Menurutku berpikir positif itu ada tahapan-tahapan yang harus dilewati untuk mampu menjadikannya benar-benar sebagai daya dorong yang luar biasa. Orang yang gagal terus walaupun telah berpikir positif mungkin disebabkan kekuatan berpikir positif nya hanya sebatas permukaan. Dalam istilah quantum ikhlas hanya pada tataran gelombang beta saja. Padahal berpikir positif yang benar adalah haruslah sampai menyentuh pikiran pada gelombang alfa ( lihat artikel 5 langkah mengakses kekuatan bawah sadar).

Jadi apakah berpikir positif itu masih berbahaya untuk anda? Kalau anda berpikir positif itu berbahaya mungkin ada baiknya melihat beberapa kondisi disekitar kita. Misalkan ada orang yang mengalami sakit yang sangat parah kemungkinan sembuhnya hanya 10 %. Kira-kira menurut anda lebih baik mana berpikir positif atau tidak sama sekali? Kalau orang yang sakit ini berpikir positif bahwa separah apapun sakit yang dia derita saat ini pasti akan sembuh dan dia akan berusaha sekuat tenaga untuk tetap bertahan dari sakitnya, mungkinkah orang ini akan sembuh? Sangat mungkin.

Tetapi coba kalau orang yang sakit ini berpikir negative. Ah ternyata hidupku tinggal 10 % lagi nih, berarti aku sulit untuk sembuh, ah sakit ku akan bertambah parah. Ah sebentar lagi aku akan mati ……dan seterusnya….dan seterusnya……Apakah yang akan terjadi? Pasti orang itu akan semakin parah sakitnya.

Ingatlah pikiran anda akan menuntun anda. Hokum tarik-menarik seperti yang dijelaskan di buku The Secret sangatlah cocok untuk diterapkan, bahwa setiap kebaikan akan menarik kebaikan yang serupa dan setiap keburukan pasti akan menarik keburukan juga. Jadi kalau anda berpikir negative maka negatiflah yang akan terjadi pada anda, tetapi kalau anda berpikir positif maka positiflah yang akan terjadi.

So, tetaplah berpikir positif terhadap apapun yang terjadi dan yang kita alami. Jangan ragukan diri sendiri dan tetaplah semangat untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan.
Demikian tulisan ini semoga memberikan inspirasi bagi kita untuk dapat berpikir positif pada setiap keadaan.

Salam sukses dan bahagia yang luaaaar biasa.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.