Saturday 1 November 2008

ajari anakmu berbinis sejak kecil

Rahasia Sukses Ciputra
(Ajari anakmu berbisnis sejak kecil)

Orang mungkin melihat sosok Ciputra adalah orang yang sukses dan kaya raya. Karena disaat krisis ekonomi th 1997 kemarin begitu banyak pengusaha yang hancur, tapi dia malah semakin sukses. Bahkan total kekayaannya pada saat itu dua puluh kali lipat dibandingkan hutangnya. Mengapa bisa terjadi?

Sebelum krisis ekonomi terjadi dia meminjam bank dengan jaminan aset yang telah dia miliki. Seluruh pinjamannya kemudian dia belikan property baik berupa tanah ataupun untuk pembangunan mal-mal dan apartemen. Begitu krisis datang, nilai asetnya berlipat-lipat akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Sementara harga property semakin tinggi. Yah begitulah orang kalau sudah mempunyai intuisi bisnis, apapun bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Tapi bagaimana seorang ciputra mempunyai intuisi yang begitu tepat?

Sejak kecil hidupnya susah. Umur 12 tahun dia ditinggal oleh bapaknya yang ditangkap tentara jepang dan tidak kembali lagi. Akhirnya dia hidup dengan ibu dan saudara-saudaranya. Masa lalu yang begitu sulit membuat dia bertekad untuk mampu menjadi orang yang sukses dan dapat mengangkat martabat keluarganya. Bahkan dia seumur itu hanya mampu duduk di kelas 2 SD. Wah ternyata ndak pintar-pintar amat ya pak. Tapi apa yang dia katakana pada waktu itu? Justru itu yang saya mau katakana kepada anda semua, kenapa anak yang ndak begitu pintar tapi bisa sukses ? apa rahasianya pak?

Ini rahasianya. Dari bangun tidur sampai tidur lagi yang dia lihat selalu barang dagangan. Karena hidupnya di toko, tidur di toko, makan di toko, sehingga apa yang terekam dibenaknya sejak kecil adalah semua aktifitas perdagangan yang dia lihat sehari-hari. Tidak heran jika dia selalu berjualan apa saja untuk mendapatkan penghasilan dan untuk sekedar mempetahankan hidup keluarganya. Bahkan dia sempat menjual nasi pada tentara jepang pada saat itu. Disitulah intuisi bisnisnya terlatih dan terasah.

Makanya ketika dia lulus kuliah, dia memutuskan untuk menjadi pengusaha walaupun mulai dari nol. Dia memulai dari jasa konsultan bangunan dan arsitek bersama temannya. Dari jasa konsultan yang kecil-kecil itulah kemudian bisnisnya berkembang pesat sampai sekarang. Dan menjadi salah satu konglomerat yang ternama di Indonesia.

Bukannya tanpa hambatan semua yang diraihnya itu. Namun dia selalu mempunyai prinsip 3 hal untuk mencapai sukses yaitu : keinginan yang besar untuk sukses, semangat yang luar biasa dan keyakinan yang teguh bahwa dia mampu mencapai kesuksesan. Itulah 3 hal yang dia tekankan.

Seberapa besarkah semangat kita untuk mencapai sukses? Maka sebesar itulah kesuksesan yang akan kita capai begitu katanya.

Memang menjadi pengusaha membutuhkan ketangguhan mental yang luar biasa. Terutama bagi seseorang yang jarang bergelut dalam dunia wira usaha. Background keluarga dan lingkungan sosial yang tidak mendukung menyebabkan seseorang sulit untuk keluar dari kuadran I yaitu karyawan menuju ke kuadran II yaitu pebisnis. Memang susah untuk memulainya apabila kita hanya memikirkannya saja. Just do it kerjakan saja, anda pasti bisa.

Ah kalau melihat itu semua aku jadi berpikir apa yang bisa aku wariskan nanti kepada anak-anakku ya? Kalau jabatan kemungkinan tidak bisa diwariskan. Kalau property bisa diwariskan namun pasti tidak akan bertahan lama. Aku jadi teringat pesan yang mengatakan wariskan ilmu kepada anakmu maka kelak akan bisa bertahan. Yah ilmu apa saja termasuk ilmu berbisnis. Kalau begitu kita perlu mempunyai bisnis dong? Ya iyalah. Masa ya iya dong.

Demikian semoga tulisan ini menginspirasikan kita untuk mulai merintis bisnis secepatnya.

Salam sukses yang luaaaar biasa!



No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.