Wednesday 5 November 2008

BERJIWA BESAR

Berjiwa Besar

Siapakah orang yang berjiwa besar itu? Saya yakin setiap orang ingin disebut mempunyai jiwa besar. Orang yang berjiwa besar artinya dia mampu mengontrol dirinya untuk selalu berbuat yang terbaik dalam hidupnya. Tapi toh namanya manusia pasti pernah salah juga. Jadi walaupun seseorang telah berniat dan berusaha untuk selalu berbuat baik pasti pernah salah. Lantas apa hubungannya dengan berjiwa besar?

Kalau menurut aku, orang yang berjiwa besar adalah orang yang selalu berani meminta maaf apabila melakukan kesalahan kepada siapapun baik atasannya maupun bawahannya. Apabila kita benar-benar merasa bersalah terhadap sesuatu hal, cepat-cepatlah minta maaf karena itu akan melapangkan dada dan membukakan pintu hati menuju kebahagiaan. Semakin lama seseorang menunda permintaan maafnya semakin sesaklah dadanya karena hati nuraninya tidak bisa dibohongi.

Banyak orang yang mengira dengan meminta maaf akan membuat dirinya terhina dan tidak dihormati. Menurutku malah sebaliknya, orang yang berani meminta maaf atas kesalahannya adalah orang yang luar biasa berani dan bertanggung jawab. Karena betul-betul menggambarkan orang tersebut mampu menanggung resiko terhadap semua perbuatannya. Kalau dia berbuat baik dia akan biasa-biasa saja karena memang sudah seharusnya berbuat seperti itu dan tidak menonjolkannya, tetapi ketika dia berbuat salah maka dia akan segera untuk meminta maaf.

Lantas siapa orang yang berjiwa kecil itu?

Sebaliknya orang yang berjiwa kecil ialah orang yang apabila berbuat baik dia selalu menonjolkannya karena takut tidak diketahui orang lain, namun ketika dia berbuat salah dia tidak mau mengakuinya secara jantan apalagi meminta maaf begitu terasa berat baginya. Dan menganggap bahwa kesalahan yang dia perbuat hanyalah angin lalu belaka. Namun aku yakin bahwa hati nurani seseorang itu tidak akan bisa dibohongi. Hati nurani akan selalu membawa kesalahan itu sampai orang tersebut mampu meminta maaf secara tulus kepada orang yang disalahinya.

Tapi menurutku setiap orang memiliki kedua-duanya, baik jiwa besar maupun jiwa kecil. Tinggal jiwa yang mana yang dia kembangkan. Kalau seseorang lebih cenderung ke jiwa yang kecil maka orang tersebut akan memiliki jiwa kecil. Maka orang tersebut akan cenderung ragu-ragu, tidak berani ambil keputusan, takut salah berlebihan, tidak punya inisiatif, tidak berani meinta maaf bila salah, dan selalu menyalahkan orang lain alias mencari kambing hitam.

Namun bila jiwa besarlah yang dia kembangkan, maka orang itu akan memiliki jiwa yang besar. Orang ini akan memiliki sifat-sifat kebaikan, bijaksana, cepat ambil keputusan, berinisiatif, progressif, berani minta maaf bila salah, dan tidak pernah mencari kambing hitam (tapi kambing Putih mungkin)

Semoga kita termasuk orang yang berjiwa besar sehingga mampu mencapai kesuksesan dan kebahagiaan yang luar biasa.
Salam Sukses Dan Bahagia!


1 comment:

  1. ketika aku membaca buku berpikir dan berjiwa besar, hati saya benar2 tergugah dan bacaan ini pun sungguh bagus!

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.