Tuesday 8 June 2010

Bagusnya lihat film Krishna di TPI....



Akhir-akhir ini anakku memang agak seneng dengan film kartun dari India...Krishna. Ya..secara visual maupun nilai-nilai kebaikan yang ditanamkan cukup bagus. Cuman harus kita dampingi dan kasih penjelasan. Karena beberapa mengandung doa-doa orang yang beragama Hindu. Justru ini yang aku suka. Aku bisa menjelaskan kepada anakku bahwa setiap orang mempunyai peribadatan yang berbeda-beda sesuai agama dan keyakinan nya masing-masing.

Nah dalam film krishna sering mengisahkan tentang pentingnya berbuat baik dan adil kepada siapapun. Sebagai contoh ketika krishna membela penduduk vrindavan...dari serangan badai petir dan hujan deras...karena kemarahan dewa indra.

Disitu ditunjukkan bahwa seorang yang membela kebenaran itu tidak perlu takut...bahkan kepada dewa sekalipun. Justru malah dewanya sendiri yang akhirnya menyadari kesalahannya.

Ya semoga aja film krishna ini bisa sampai episode yang lama...dan jangan sampai hanya diulang-ulang seperti film avatar, upin-ipin dan juga film kartun lainnya.

Oh ya ini aku kutipkan sedikit kisah tentang krishna ini dari sebuah blog tetangga di www.guskar.com.

Kata Krishna (bhs. Sanskerta) berarti hitam atau gelap. Dalam kisahnya, Krishna memiliki warna kulit gelap bersemu biru langit. Pada wayang kulit, Krishna divisualkan berkulit hitam.

Krishna berasal dari keluarga bangsawan di Mathura, putera kedelapan yang lahir dari rahim Dewaki istri dari Basudewa. Raja Kamsa, kakak Dewaki, mewarisi tahta setelah menjebloskan ayahnya ke penjara, yaitu Raja Ugrasena. Karena takut kepada ramalan yang mengatakan bahwa ia akan mati di tangan salah satu putera Dewaki, maka ia menjebloskan Dewaki dan Basudewa ke penjara dan akan membunuh semua putera Dewaki yang baru lahir. Setelah enam putera pertamanya terbunuh, dan Dewaki kehilangan putera ketujuhnya, lahirlah Krishna. Karena hidup Krishna terancam bahaya maka ia diselundupkan ke luar penjara dan dirawat oleh suami-istri Yasoda dan Nanda di Gokula. Dua putera yang lain juga selamat yaitu, Baladewa a.k.a Balarama dan Subadra.

Nanda merupakan pemimpin di komunitas para pengembala sapi. Kisah tentang Krishna saat masa kanak-kanak inilah yang diangkat dalam Little Krishna The Movie. Sejak kecil Krishna memang sakti mandraguna, sehingga menjadi tempat perlindungan bagi orang-orang di sekitarnya.

Raja Kamsa rupanya mengetahui keberadaan Krishna sehingga ia berusaha untuk membinasakannya, seperti mengirimkan raksasa untuk menyerang Krishna. Tetapi raksasa tersebut akhirnya takluk di tangan Krishna dan Baladewa. Kisah lainnya yang tak kalah menarik adalah petualangannya bersama teman-temannya, termasuk dengan para gopi (pengembala perempuan) di desa.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.