Tuesday 22 June 2010

Resiko mengganti template sebuah blog atau website...

Beberapa hari ini saya ingin mengubah tampilan beberapa blog dan website yang saya kelola. Untuk tampilan blog kebahagiaan terbesar ini beberapa kali sempat ganti-ganti. Karena ternyata setelah ganti template....membuat beberapa script yang saya tanam seperti related post, share, iklan pop, ....nggak berfungsi alias jadi hilang.

Nah bagi teman-teman yang ingin ganti template ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja hal itu:


1. Pastikan anda memback up template anda terlebih dahulu. Caranya membuat back up template sudah tahukan..? tinggal masuk ke dasboard-tata letak-edit html- download template lengkap. Sudah selesai.

2. Pastikan bahwa semua fungsi yang ada sudah anda simpan kode html nya di sebuah Notepad. Sehingga bila anda membutuhkannya sewaktu-waktu...lebih mudah tinggal copy saja.

3. Pastikan design template yang baru sesuai dengan desaign sebelumnya. Misalnya kalau design sebelumnya latar belakangnya gelap...maka untuk template baru ..usahakan juga mempunyai latar gelap. Mengapa..? Karena ini kaitannya dengan beberapa link yang sudah anda tanam di posting. Biasanya menggunakan warna yang berlawanan dengan warna latar. Jadi bila anda mengubahnya menjadi warna yang berbeda...ditakutkan link di posting nggak akan terlihat lagi. Sayang kan bila linknya nggak nampak...kalaupun edit juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi kalau artikel nya sudah mencapai seribuan lebih...capek lah....

4. Kalaupun ingin mengganti template...usahakan jangan terlalu sering. KArena nantinya akan membuat pembaca jadi bingung...kok tampilannya beda-beda.

Sekian tips ganti-ganti template kali ini semoga bermanfaat...

7 comments:

  1. Infonya banyak yg bermanfaat bang,..tp jg bnyk yg g ngerti..maklum msh newbie..
    kl sempet mampir2 ke blog sy yg msh bayi http://vqviksana.blogspot.com/...Thx

    ReplyDelete
  2. ane juga sering gonta-ganti template, karena seneng sich. tapi sekarang udah gak lagi. mampir ya gan di blog ane

    ReplyDelete
  3. terima kasih ya atas kunjungannya. Saya juga telah mampir ke blog sobat kok.

    ReplyDelete
  4. Buat teman-teman semuanya ini pengalaman saya yg sangat menyedihkan karena dalam jangka waktu setengah hari saya gonta ganti temlate sebanyak 6x hasilnya hancur.....
    minta doa teman-teman semoga blog saya cpt terselesaikan.
    mampir ya ke blog yang HANCUR ini http://reyudesign.com

    ReplyDelete
  5. Info dan tipsnya bagus mas, dulu sih ane juga sering gonta-ganti template tapi sekarang dah tobat mas heheheh..

    sekalian mampir ke blog ane mas http://vorkisproof.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Info yang sangat bagus mas,, saya dapat pelajaran baru.., mudah mudahan bisa konsisten di temoplate sekarang.. :)

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.