Wednesday 30 June 2010

Yess...Spanyol menang 1-0 vs Portugal..pertanda juara kah...?



Akhirnya Spanyol berhasil mengalahkan lawan kuat Portugal melalui gol tunggal david villa. Lebih lanjut mengenai jaannya pertandingan spanyol vs Portugal ini...simak artikel berikut:

Cape Town - Cristiano Ronaldo seperti bekerja sendiri ketika Portugal menghadapi Spanyol. Sebaliknya, permainan pendek cepat yang ditampilkan Spanyol, terutama di babak kedua, menghasilkan keunggulan.

Kedua tim bermain imbang di babak pertama. Meski Spanyol lebih mendominasi penguasaan bola, Portugal yang berusaha bermain cepat menghasilkan lebih banyak serangan.

Spanyol, yang lebih mengutamakan penguasaan bola, memainkan umpan-umpan pendek dengan jarak antar pemain yang rapat.

Strategi ini membuat Portugal, yang berusaha menampilkan permainan cepat, kesulitan melakukan penetrasi lewat tengah lapangan. Ronaldo dan Simao pun lebih sering menyusur sisi lapangan dan mengancam lewat umpan silang, meski kurang efektif.

Sepanjang 15 menit awal, dua tembakan ke gawang tercipta, keduanya melalui kaki David Villa dan keduanya pula dapat digagalkan kiper Portugal, Eduardo.

Baru di menit ke-20 Portugal memberikan ancaman serius. Menemukan celah melalui serangan balik, Ronaldo melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola berhasil ditepis Iker Casillas namun memantul ke belakang. Kiper Real Madrid itu akhirnya berhasil menghalaunya keluar sebelum melewati garis gawang.

Dan delapan menit kemudian, Ronaldo kembali mendapatkan peluang pada menit ke-28, kali ini melalui tendangan bebas. Kembali upayanya dapat digagalkan Casillas.

Spanyol, yang menguasai jalannya pertandingan 59:41 hingga memasuki 15 menit terakhir babak pertama, membalas melalui Villa dan Xabi Alonso, namun keduanya juga gagal merobek gawang lawan.

Penguasaan bola berpindah ke kaki Portugal di akhir babak pertama. Simao dan Almeida mendapat peluang, namun masih gagal menghasilkan gol.

Pertandingan tetap dalam tempo sedang hingga 45 menit berlalu, dan wasit Hector Baldassi pun mengakhiri dengan keadaan imbang tanpa gol.

Spanyol bermain lebih menyerang di babak kedua, membombardir gawang Portugal di 15 menit pertama melalui upaya Llorente, yang masuk menggantikan Torres, dan mencetak gol melalui sang bomber, David Villa.

Masih menyajikan permainan pendek, Spanyol mempercepat tempo. Hasilnya, Xavi Hernandez mengirimkan umpan terobosan dari luar kotak penalti dan diterima Villa, yang lolos dari jebakan offside.

Setelah usaha pertamanya berhasil diblok Eduardo, penyerang Barcelona itu berhasil menyarangkan bola muntah ke gawang Portugal. 1-0 untuk Spanyol.

Portugal, yang mengganti penyerang Hugo Almedia dengan gelandang Danny, berharap bisa merebut penguasaan bola dari kaki Spanyol, namun ternyata strategi yang diambil Carlos Queiroz ini justru membuat ketajaman di lini depan berkurang, sementara penguasaan bola tak juga bertambah.

Makin tak berdayanya Portugal terlihat dari terbukanya celah di sisi kiri pertahanan, yang mampu diterobos Sergio Ramos. Bek kanan Real Madrid itu sukses menusuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan, yang masih dapat ditepis Eduardo.

Spanyol dan Villa semakin percaya diri dalam mengolah bola, jelang 15 menit laga berakhir. Sang bomber melepaskan tendangan spekulasi ke pojok kanan gawang Portugal, namun masih dapat ditepis Eduardo.

Peluang Portugal bisa dibilang habis setelah di menit 88 Ricardo Costa terlihat menyikut Capdevilla. Wasit langsung memberinya kartu merah.

Portugal mengurung pertahanan Spanyol di dua menit terakhir, namun karena umpan Tiago yang kurang akurat, bola pun dihalau Iniesta, memberikan kesempatan kepada wasit untuk mengakhiri laga dengan kedudukan 1-0 untuk Spanyol.

Di perempatfinal , Spanyol akan menghadapi Paraguay, yang sebelumnya berhasil menyingkirkan Jepang lewat adu penalti.[boy]

SUSUNAN PEMAIN:

Spanyol (4-4-2):

Kiper: Iker Casillas

Bek: Sergio Ramos, Gerard Pique, Carles Puyol, Joan Capdevila

Gelandang: Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Xabi Alonso (Carlos Marchena 90’), Andres Iniesta

Penyerang: David Villa (Pedro Rodriguez 88’), Fernando Torres (Fernando Llorente 58’)

Portugal (4-3-3):

Kiper: Eduardo

Bek: Ricardo Costa, Bruno Alves, Ricardo Carvalho, Fabio Coentrao

Gelandang: Tiago, Pepe (Pedro Mendes 72’), Raul Meireles

Penyerang: Simao (Liedson 72’), Hugo Almeida (Dani 58’), Cristiano Ronaldo

sumber:inilah.com

1 comment:

  1. Iya, mantaaap. Permainannya juga bagus dan bermutu. Enggak percuma Spanyol menang karena memang tim nya solid. Terbukti Spanyol Juara Dunia

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.