Wednesday 5 January 2011

Inilah Menara tertinggi di dunia : Qutub Minar di India



India memang menyimpan banyak peninggalan sejarah. Salah satunya adalah menara qutub minar yang konon merupakan menara batu batu tertinggi di dunia. Lebih lanjut simak artikel berikut:

SIMBOL kebudayaan Islam yang terkenal di India bukan hanya milik Taj Mahal. Di Delhi, Anda pun bisa menemukannya. Itu merupakan menara batu bata tertinggi di dunia bernama Qutub Minar yang mempunyai ketinggian 72,5 meter.

Konstruksi monumen spektakuler Qutub Minar dimulai oleh Qutubuddin Aibak dan diselesaikan oleh Iltutmish. Selain itu, Qutub Minar juga dikelilingi oleh beberapa reruntuhan bangunan kuno dari abad pertengahan yang dikenal sebagai kompleks Qutub.

Sebagai ikon yang lekat dengan Delhi dan jaraknya yang dekat dengan stasiun metro Delhi, Anda bisa menemukan gambar menara pada kartu perjalanan yang diterbitkan oleh Delhi Metro Rail Corporation.

Mengenai struktur bangunan, Qutub Minar tersusun dari batu pasir merah dengan diameter 14,32 meter di dasarnya dan sekitar 2,75 meter di bagian atasnya.

Qutub Minar terdiri dari tiga tingkatan dimana pada setiap lantainya dikelilingi oleh balkon melingkar dan didukung oleh kurungan batu yang dihiasi desain sarang lebah. Struktur yang lebih mencolok bisa ditemukan pada lantai pertama.

Bangunan menara juga dihiasi berbagai prasasti dalam bahasa Arab. Secara tertulis ini mengungkapkan sejarah pembangunan Qutub. Menurut tulisan di permukaannya, ada keterangan jika Qutub Minar pernah diperbaiki oleh Firoz Shah Tughlaq (AD 1351-1388) dan Sikandar Lodi (AD 1489-1517).

Di dalam kompleks, Anda juga akan menemukan Pilar Besi yang terdata dari abad ke-4 Masehi. Pilar tersebut dibangun dari 98 persen besi tempa dan telah berdiri di sana tanpa berkarat atau mengalami penguraian.

Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana bentuknya, Anda bisa langsung ke Delhi saat berlibur ke India. Biaya masuk ke Qutub Minar yang buka sejak matahari terbit hingga matahari terbenam ialah 250 rupee (sekitar Rp49 ribu). Anak-anak di bawah umur 15 tahun bebas biaya masuk.(mediaindonesia/uth)


No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.