Tuesday 21 December 2010

Seorang blogger harus kuat mentalnya lho...

Bila anda telah memutuskan untuk menjadi blogger dan siap melakukan petualangan ala blogger...anda harus kuat mental. KArena biasanya akan banyak hambatan yang akan membuat kita menjadi malas untuk terus berkarya melalui blog. Mengapa begitu...?

Ada beberapa alasan yang membuat seorang blogger harus kuat mental, antara lain:

1. Diantara pembaca blog kita, pasti ada saja satu atau dua orang yang nggak sepaham dengan kita. Mending kalau cuman mengingatkan...kadang-kadang mereka langsung mencaci ide atau gagasan kita. Sehingga disinilah pentingnya moderasi komentar. Bila komentar memang nggak layak untuk ditampilkan..ya harus kita delete atau hapus.

2. Beberapa pembaca nggak paham akan aturan penulisan. Sehingga nggak bisa membedakan mana tulisan kita dan mana komentar. Ada pembaca yang menganggap bahwa komentar yang ada merupakan tanggungjawab blogger. Padahal tidak demikian. Kalau teman-teman lihat di berbagai media elektronik semacam detik.com, kompas, dll....komentar-komentar yang ada begitu pedas...namun tetap saja ditampilkan. JAdi...didiklah pembaca anda untuk membedakan tulisan dan komentar.

Seorang blogger haruslah bersikap demokratis. Baik komentar yang positif ataupun negatif seharusnya sama-sama ditampilkan...asal nggak terlalu tendensius. Nah ini yang agak sulit. Bisa jadi menurut kita suatu komentar nggak bagus...tapi ternyata memang itu suara hati pembaca kita...ya terpaksa harus kita tampilkan. Untuk menetralisir pengaruhnya...kita wajib memberikan komentar bantahan di bawahnya...agar seimbang.

3. Bagi blogger pemula mungkin agak sulit di awalnya untuk menuangkan ide dalam tulisan. Solusinya adalah memakai tulisan orang lain. Nah bila anda nggak paham akan aturan copy paste...bisa dipastikan anda akan kena damprat oleh penulis yang asli. So...usahakan memberikan link sumber ke tulisan aslinya. Ini jauh lebih baik dibandingkan anda kepergok oleh penulisnya.

Demikian tips menjadi blogger hari ini...semoga bermanfaat.

Salam blogger Indonesia...

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.