Thursday 20 May 2010

Bagaimana cara mengelola puluhan blog tanpa pusing...?

Ya tips kali ini memang saya temukan secara nggak sengaja. Walaupun sudah sering dibilang sama mas Lutvi di Cafebisnis dan Pak Joko Susilo...namun baru kali ini saya 'ngeh' (jawa:tersadar) bahwa memang perlu manajemen bagus untuk mengurusi semua blog kita. Apalagi kalau sudah menyentuh angka diatas 10 blog. Bisa-bisa pusing tujuh keliling bila nggak keurus.

Kemarin saya sempat melihat-lihat ulang blog mana ya yang belum keurus. Ketemulah blog yang ke sepuluh. Weleh-weleh...padahal tampilannya bagus banget lho. Namun karena nggak pernah keurus ...ya jadinya nggak menarik. Untuk itu..akhirnya saya mencoba membenahinya selama beberapa jam. DAn hasilnya ..lumayan..bisa dilihat di infobisnis-terbaik.blogspot.com.

Mudah-mudahan aja blog ini bisa keurus terus. Memang benar untuk mengurus banyak blog kita harus menetapkan aturan yang cukup ketat. Seperti jadwal : setiap hari bikin jadwal untuk memposting artikel di blog mana aja. Kemudian hari berikutnya blog yang lainnya. JAngan lupa bikin artikel yang berbeda-beda tiap posting. Agar lebih variatif.

Kalau tips yang diberikan mas Lutvi lain lagi. Buat beberapa kata kunci yang tertarget. Yang memiliki rating tinggi di google. Kemudian buatlah artikel yang memuat kata kunci tersebut. Kemudian posting satu-satu setiap hari. Sehingga anda bisa mengurus 100 blog tanpa pusing.

Tapi dari itu semua aku memiliki resep sendiri. YAitu ..."enjoy aja" dalam menulis di blog. Menulis jangan dijadikan beban. HArus memenuhi aturan dan pakem tertentu. Pokoknya kalo ada ide tentang apa saja...nggak usah mikir panjang...tulis aja.

Semoga tips mengelola puluhan atau ratusan blog ini bermanfaat.

2 comments:

  1. Setuju...Mas Didi ketika menulis atau memposting blog perasaan enjoy haris melekat dalam diri nah untuk mendapatkan perasaan tsb maka kontent blog harus sesuai dengan interest,minat atau hobby sehingga kita tidak terbebani dalam bekerja dan satu hal yang perlu di catatat memposting blog sesuai minat secara tidak sengaja kita telah berbagi pengalaman tentunya pengalaman yang berguna dan bermanfaat untuk orang lain. Bukankah berbagi itu menyenangkan...!?

    Di tunggu kunjungan baliknya sobat, jangan lupa komentarnya. Terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. waduh..satu pun nggak maju-maju je mas he he

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.