Monday 31 May 2010

Inilah tips mengamankan acount facebook anda...

Lagi ramai-ramainya booming facebook....kalau ngak nge facebook nggak gaul..ketinggalan jaman...dan ...apalah istilahnya "kuper". Namun kini baru bermunculan masalah yang timbul oleh facebook. Mulai dari penipuan melalui facebook sampai pembajakan acount facebook milik beberapa orang ...yang ujung-ujungnya untuk cari duit juga.

Seperti kasus terakhir yang melibatkan selebritis Jajang dan Butet kertarajasa.Ada orang yang berusaha membajak account nya si Jajang dan meminta bantuan uang ke beberapa teman. Akhirnya semua jadi rugi.

Oke kali ini aku ingin berbagi tentang tips mengamankanaccount atau password facebook anda.

Terus terang sejak dimunculkannya facebook pertama kali....aku agak nggak sreg dengan data-data yang diminta oleh pihak facebook...seperti tanggal lahir, dll. Karena memang itu sangat rawan. MAkanya aku nggak kasih tanggal lahir sebenarnya. Tetapi aku lihat banyak sekali orang yang dengan sukarela menyerahkan data penting ini.

Sebagaimana aku lihat di metro tv tadi malam. Dengan pembicara Robby sang pakar hacker itu. Bahwa ada beberapa metode hacker yang digunakan oleh si pembajak account facebook.
Pertama : si pembajak mencoba mencari password dengan cara mengirim email bahwa account facebook kita dibajak. Untuk itu silahkan update password melalui link di email tersebut. Nah begitu kita merubah password...kita akan ditanya password lama dan password baru. Otomatis password kita akan diketahui oleh pihak si pembajak.

Solusinya : janganpernah masuk ke account facebook anda melalui link email yang di berikan. Kecuali benar-benar berasal dari alamat resmi facebook di www.facebook.com.

Kedua : Pihak pembajak melakukan skiming seperti di kasus atm..atau pencurian passwords secara langsung. Atau bisa juga dengan menebak-nebak password...dan akhirnya menemukan password kita.

Solusinya: buatlah password yang agak sulit ditebak. Seperti pakai kode angka dan bintang atau pagar. JAngan memakai password tanggal lahir dan lain-lain yang muddah ditebak.

Ketiga : Melalui metode lost password. Jadi si pembajak pura-pura kehilangan password di account facebook...kemudian klik lost password. Dan minta dikirim ke email yang kita sebut...atau melalui email kita yang sudah dibajak.

Solusinya: seringlah cek password anda kalau perlu diubah secara rutin. Terus jangan samakan password facebook dengan password email. Hal ini untuk meminilisir kemungkianan bila salah satu password kita di email atau di facebook dibobol.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.