Sunday 18 April 2010

Belajar dari kisah nabi Yunus...

Beberapa waktu yang lalu aku nemani anak untuk lihat kisah Nabi Yunus di rumah. Setahuku sudah lama vcd ini aku belikan...namun baru kali ini anakku memahaminya. Ya mungkin memang usia sekarang yang sudah menginjak 4 tahun lebih dikit...membuat dia lebih mengerti tentang sebuah kisah.

Didalam kisah nabi Yunus diceritakan bahwa Nabi Yunus di tugasi oleh Allah untuk mengingatkan penduduk Ninawa agar menghentikan menyembah berhala bernama "Ustar". YAitu sebuah patung besar berbentuk singa...yang setiap hari mereka puja.

Namun ternyata penduduk Ninawa menolak ajakan Nabi Yunus dan bahkan mengusirnya bila tidak berhenti berdakwah dan mempengaruhi penduduk ninawa. Akhirnya dengan hati yang sedih, Nabi Yunus berdoa kepada Allah agar penduduk Ninawa diberi bencana yang besar. Bila dalam 3 hari penduduk Ninawa tidak kembali menyembah Allah...maka Allah akan memusnahkan nya.

Sepeninggal Nabi Yunus ...penduduk Ninawa masih melakukan penyembahan kepada Ustar. Namun tepat 3 hari...terjadilah sebuah bencana yang amat besar berupa hujan dan angin topan. Seluruh penduduk Ninawa ketakutan dan berhamburan. Akhirnya mereka berkumpul tepat di bawah patung Singa yang mereka sembah. Tak berapa lama patung Singa itu terkena petir dan hancur...Akhirnya penduduk Ninawa teringat akan pesan Nabi Yunus untuk segera bertaubat.

Maka dipimpin oleh pemuka kaumnya...seluruh penduduk Ninawa bertaubat dan bersujud mohon ampun kepada Allah. Tak berapa lama hujan dan angin pun berhenti. Kemudian penduduk Ninawa menjadi umat yang beriman kepada Allah.

Sementara itu Nabi Yunus masih meneruskan pengembaraannya. Sampailah dia di sebuah pelabuhan dimana ada sebuah kapal yang akan berlayar ke suatu tempat. NAbi Yunus memutuskan untuk ikut dalam pelayaran itu.

Ditengah perjalanan, kapal itu diserang badai yang sangat besar dan menyebabkan kapal kehilangan keseimbangan dan hampir tenggelam. Lalu diadakanlah undian untuk menentukan siapa yang akan diterjunkan ke laut. Ternyata setelah diundi sebanyak 3 kali...tetap Nabi Yunus yang keluar. Akhirnya dengan hati mantap NAbi Yunus akan terjun ke laut sambil berdoa kepada Allah..." Ya Allah..ampunillah aku sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzolim.." Nabi Yunus merasa gagal dalam tugasnya berdakwah pada penduduk negeri Ninawa...sehingga menganggap itu adalah sebuah hukuman dari Allah.

Tepat sebelum jatuh ke laut..tiba-tiba muncullah seekor ikan yang besar sejenis ikan paus yang menangkap tubuh Nabi Yunus.

Didalam tubuh ikan tersebut tak henti-hentinya Nabi Yunus berdoa dan mohon ampun kepada Allah. Akhirnya dengan kemurahan dan kasih sayang Allah...nabi Yunus dikeluarkan dari tubuh ikan paus tersebut dan terdampar di pantai.

Singkat cerita ..akhirnya Nabi Yunus dikembalikan kepada kaumnya Ninawa tetapi dengan keadaan Kamu Ninawa sudah beriman semua. Akhirnya Nabi Yunus memanjatkan syukur kepada Allah bersama penduduk Ninawa.

......

Dari kisah Nabi Yunus tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa setiap manusia pasti akan mendapatkan ujian dan cobaan dari allah untuk mengetahui kebenaran iman mereka. Sehingga pada saat mendapat ujian sebaiknya kita selalu memohon ampun kepada Allah baik siang maupun malam dan berusaha kembali kejalan yang benar.

Semoga ini bermanfaat...Amiien.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.