Thursday 1 April 2010

Bagaimana ya..bila memakai cadar dilarang...?



Ada berita menarik nih tentang pelarangan cadar di universitas Al Azhar Mesir. Mesir merupakan barometer pemikiran Islam di dunia. Seharusnya hal itu bisa menjadikan contoh bagi negara-negara berpenduduk Muslim di dunia. Keberadaan "Cadar" memang menimbulkan pertanyaan di masyarakat....Karena disamping banyak menimbulkan masalah dalam kehidupan sosial...secara keamanan juga membahayakan. Karena kita nggak akan tahu wajah siapa yang berada dibalik cadar.

Lebih lanjut mmengenai pelarangan cadar di Al azhar, silahkan simak artikel berikut:

Universitas Al-Azhar Mesir Larang Siswinya Bercadar

Mesir - Pimpinan Universitas Al-Azhar, Mesir, Muhammad Sayed Tantawi melarang penggunaan penutup wajah (cadar) di sekolah Al-Azhar. Para murid diperintahkan untuk melepas cadarnya selama mereka berada di sekolah.

Seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (6/10/2009), petugas keamanan kampus juga membenarkan pihaknya telah meminta para siswa untuk melepas cadar itu ketika memasuki area Al-Azhar, termasuk beberapa asrama di lingkungan Universitas Cairo.

Pelarangan ini bermula ketika salah seorang siswi Tantawi yang berusia 12 tahun mengenakan cadar di kelasnya. Tantawi yang juga merupakan ulama terbesar di Mesir ini meminta sang siswi untuk melepasnya karena menganggap cadar adalah sebuah tradisi dan tidak ada hubungannya dengan Islam.

Cadar, menurut ulama yang pernah memimpin salat jenazah bagi pemimpin Palestina Yasser Arafat itu, merupakan tradisi dari masyarakat Arab sebelum Islam berkembang.

Sebelumnya, Kementerian Agama Mesir juga pernah mengeluarkan larangan bagi wanita muslim yang memberikan khutbah di masjid mengenakan cadar. Perawat juga dilarang menggunakan cadar sejak 2008 lalu. Demikian juga di area pengadilan. Akan tetapi pelarangan ini tidak seluruhnya dilaksanakan.

Sementara pihak yang kontra dengan Tantawi menganggap pelarangan ini merupakan tindak yang akan merugikan kebebasan bagi wanita muslim. Siswi bercadar Universitas Cairo mengancam akan menuntut ke menteri pendidikan tinggi dan akan menggelar aksi protes di kampus, demikian dilansir MEMRI.

sumber:detik.com

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.