Sunday 4 April 2010

Resensi Film : Slumdog Millionare

Wah sudah beberapa hari ini sambungan im2 di singaraja lelet bin lambat alias nggak konek-konek. Jadi banyak ide terpendam yang sebenarnya mau aku tulis di blog kebahagiaan terbesar ini. Yah teman-teman kan tahu selain berisi tentang motivasi, kebahagiaan, dan bisnis onine,......blog kebahagiaan terbesar ini juga berisi tentang resensi beberapa film yang cukup bagus untuk ditonton.

Naah kali ini aku ingin menuis tentang film slumdog millionare yang pernah nge trend dulu. Agak lama sih..tapi berhubung aku nontonnya baru kemarin...ya terpaksa tulisan ini baru aku muat sekarang. Bagi teman-teman yang sudah nonton nggak apa kok kita sling bertukar pendapat disini.

Film slumdog millionare ini menceritakan tentang kehidupan anak-anak pemulung atau lebih dikenal dengan anak-anak jalanan. Yang sepertinya nggak ada perhatian sama sekali dari pemerintah. Setting filmnya mengambil tempat di Mumbai salah satu pusat industri di India sekarang.

Disitu diceritakan seorang yang mempunyai latar belakang pemulung bernama " Malik jamal" berhasil memenangkan sebuah kuis "wants to be millionare". Dimana seorang profesor pun sulit untuk menjawabnya....ternyata pemuda ini mampu menjawabnya. Sehingga ini menimbulkan kecurigaan di pihak penyelenggara acara.

Akhirnya setelah tinggal satu langkah lagi menyelesaikan pertanyaan terakhir untuk mendapatkan 20 juta rupee ( mata uang India)....maka disusunlah skenario untuk menjatuhkan mental si pemuda ini dengan jalan diinterogasi di kepolisian..untuk mengungkap rahasia di balik "kepintaran si pemuda ini".

Dugaan sementara adalah pemuda ini menggunakan chip di tubuhnya...dan lain sebagainya.... Pemuda ini di siksa dan dihajar habis-habisan agar mau mengakui kecurangannya. Namun pemuda ini tetap tegar dan mengatakan bahwa dirinya tidak menggunakan alat apapun. Sampai akhirnya pihak kepolisian menyerah...dan kemudian.. pemuda ini mau membuka rahasianya mampu menjawab hampir semua pertanyaan di kuis tersebut.

Nah ketika menceritakan kejadian demi kejadian yang dia alami itulah ..akhirnya si polisi baru menyadari bahwa pemuda ini memang benar-benar jujur. Disinilah menariknya cerita film ini dimulai.

Film ini sangat bagus dan syarat pesan moral tentang betapa kehidupan anak jalanan itu sangat rawan kejahatan. Mereka sangat gampang dipengaruhi dan di eksploitasi untuk kepentingan segelintir orang. Misalnya saja..bagaimana seorang anak jalanan yang merupakan teman "jamal malik" dibutakan matanya agar menimbulkan rasa iba ketika dia ditugasi mengemis dan menyanyikan lagu. Dan kejadian inilah yang memicu larinya jamal malik dan kakaknya dari cengkeraman para preman jalanan itu.

Selain itu juga berkisah tentang kesetiaan seorang kakak kepada adiknya yang mau mengorbankan jiwanya demi keselamatan dan cinta kepada adiknya.

Yang tak kalah berkesannya adalah ketika si jamal malik ini kehilangan ibunya karena konflik Islam dan hindu. Yang karena Tuhan yang berbeda ...mereka saling membunuh dan telah menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan....sungguh suatu ironi.

Sampai pada kesimpulan...kalau begitu wajarlah...bila si pemuda yang bekas pemulung dan anak jalanan ini mampu menjawab semua pertanyaan "wants to be millionare" karena memang di setiap tahap kehidupannya..dia betul-betul mengalami peristiwa yang berkaitan dengan jawaban dari pertanyaan kuis tersebut..dan peristiwa itu sangat membekas di pikirannya...

Lebih jelasnya silahkan menikmati sendiri film tersebut...


No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.