Monday 1 February 2010

3 Identitas yang harus anda jaga demi keamanan kartu ATM dan kartu kredit anda

Beberapa waktu yang lalu aku membaca sebuah artikel tentang bagaimana seseorang mencoba membobol sebuah rekening milik orang lain. Dia mencontohkan bagaimana cara mengetahui data pribadi orang yang mau dibobol tersebut. Oh ya artikel itu dimuat disebuah majalah komputer yang cukup ternama.

Diantara identitas yang paling dibutuhkan adalah : tanggal lahir, nama ibu kandung, dan password yang biasa digunakan. Nah ke 3 identitas inilah yang akan digunakan untuk membobol rekeningnya.

Tanggal lahir bisa dicari dari beberapa situs jejaring sosial semacam facebook dan twiter. Makanya jangan memberikan info tentang tanggal lahir di situs tersebut ya...untuk antisipasi aja. Atau website sekolah, kuliah, dan lain-lain yang biasanya menyediakan data tersebut.

Kemudian nama ibu kandung, biasanya diketahui dengan cara menelepon korban, dan pura-pura ada masalah dengan rekeningnya sehingga harus memberikan nama ibu kandung dan sekaligus password atau PIN.

Selain itu password atau PIN juga bisa diketahui dari kebiasaan orang tersebut memberikan password untuk email atau yahoo messenger.

Ternyata dalam waktu beberapa hari saja...hacker tersebut sudah bisa membobol rekening korban. Namun karena perjanjian dengan majalah tersebut....maka uang yang dibobol dikembalikan.

Wah ternyata memang kita harus extra hati-hati mengamankan identitas kita ya....Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dijadikan antisipasi agar tidak menjadi korban kejahatan pembobolan rekening ATM atau kartu kredit.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.