Monday 1 February 2010

Cara bermain saham tanpa jantungan dan deg degan

Belakangan ini memang lagi maraknya investasi melalui pasar modal. Karena iklan yang gencar dan juga kemudahan yang diberikan dalam memulai investasi...membuat orang semakin gemar berinvestasi saham.

Dengan modal yang tidak terlalu besar, rata-rata minimal Rp 10 juta saja, sudah bisa berinvestasi saham.

Beberapa yang bisa dijadikan pilihan antara lain : etrading securities, BNI securitas, dll. Denagn berbasis transaksi online melalui internet, berinvestasi saham menjadi lebih mudah.

Nah...dengan kemudahan tersebut, tak jarang banyak orang yang kemudian terlena untuk terus berinvestasi walaupun modalnya sudah minim. Hal ini dimungkinkan karena dari securitas memberikan pinjaman selama 3 hari dengan bunga kecil. HAl ini sering disebut dengan transaksi margin. Dalam waktu 3 hari jumlah pinjaman kita harus dilunasi...bila tidak...akan terkena force sell artinya saham kita akan dijual paksa dan ini akan membuat kita rugi.

High Risk High return

Demikialah prinsip dalam investasi. Bila kemungkinan profit besar, tentu saja berisko besar.

Harga saham yang fluktuatif membuat pemain saham akan berspekulasi untuk jual dan beli dalam waktu singkat. Sehingga kemungkinan modal kita akan cepat berlipat juga besar. Tetapi kemungkinan cepat habis juga besar.

Ada sedikit trik nih agar kita nggak terlalu deg-degan bila saham jatuh. Triknya begini: berapapun investasi anda di saham...bagilah menjadi minimal 5 bagian invsestasi. Nah dari kelima bagian itu gunakanlah tiap bagian pada masing-masing kondisi.

Misalnya pada saat pasar saham jatuh 3 % anda dapat gunakan 1 bagian untuk membeli saham tertentu. Nanti bila turun lagi 3 % ...anda gunakan lagi bagian yang kedua untuk beli saham. Dan seterusnya...intinya anda tetap mempunyai "peluru" untuk berinvestasi dalam keadaan apapun. Baik pasar saham naik maupun turun...anda tetap bisa meraih untung atau profit optimal. Dan yang lebih enak lagi....anda terbebas dari penyakit jantung deg-degan bila melihat pasar saham turun atau harga saham kita mengalami penurunan.

Jadi baik harga saham naik maupun turun...anda tetap dapat profit.

Kesimpulannya :
Agar anda sukses berinvestasi saham
1. Bagilah investasi saham anda menjadi beberapa bagian minimal 5 bagian sehingga anda selalu mempunyai "peluru" dalam setiap kondisi pasar saham. Saham naik atau turun...anda tetap senang.
2. Jangan pernah gunakan "margin call" untuk investasi saham anda karena akan mempercepat habisnya modal anda.

Oh ya bagi yang ingin belajar bisnis online silahkan kunjungi website ini dijamin banyak ilmu yang bisa diperoleh.

1 comment:

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.