Wednesday 3 February 2010

Belajar meditasi yuk...

Ada bagian yang amat penting dari meditasi yang sering dilupakan orang. Yaitu ketenangan. Cobalah sekarang untuk sejenak berhenti......

Sekarang cobalah anda perhatikan nafas yang keluar masuk melalui hidung anda....terus menerus...dengan santai......sampai beberapa kali minimal 10 kali...atau sepuluh menit.......Apa yang anda rasakan...? Ketenangan bukan....??? Ya seperti itulah meditasi.

Meditasi bukanlah mengejar vision atau pandangan yang lain. Meditasi juga bukan melarikan diri dari kenyataan hidup yang ada. Justru meditasi adalah pemahaman yang sempurna terhadap hidup dan kehidupan itu sendiri.

Bila anda bermeditasi sejenak selama beberapa jam untuk mencari kekuatan ataupun mencari kebebasan...maka meditasi itu tidak akan datang. Dia malah akan menjauh dari anda.

Atau sekedar bermeditasi untuk melihat dunia lain...wow...itu juga bukan meditasi. Orang yang meditatif akan mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap hidup ini. Mungkin tetap saja seorang meditatif masih merasakan sakit bila tersengat matahari....masih kedinginan bila terkena hujan...masih sedih bila mengalami derita atau sakit..masih lapar ..bila belum makan. Ya ..disitulah letak tumbuh subur nya meditasi.

Setiap orang yang bisa menghayati hidup secara sungguh-sungguh dan berbuat baik sesuai hati nurani yang terdalam...berarti ia telah hidup "meditatif".

Sebagai pedoman ...apakah hidup anda telah meditatif atau belum.... silahkan simak kata-kata dari Krihsnamurti berikut:

" Meditasi adalah seperti angin sepoi-sepoi yang masuk melalui jendela yang terbuka...tetapi bila anda sengaja membuka jendela agar angin tersebut masuk...maka itu bukan meditasi"...

Begitu anda memahami ini...maka akan terbuka lebar ....layar kehidupan anda...hidup anda akan lebih meditatif...dan lebih bahagia......

Salam sukses dan bahagia.....

4 comments:

  1. boss jagan teori nya aja .. praktek nya gimana cara nya ?? kalo teori nya ngk perlu di sebari ...

    ReplyDelete
  2. itu kan ada prakteknya...silahkan dicoba. Meditasi spt berenang...setiap orang akan memiliki pengalaman sendiri2 sesuai keadaannya. Trims

    ReplyDelete
  3. saya sudah prakek tp tdk berhasil'sbenarnya apa penyebabnya

    ReplyDelete
  4. meditasi adalah proses....tidak ada kata gagal....semua berproses sesuai tahapan masing2

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.