Monday 8 November 2010

Berita terkini Merapi: Zona diperluas 20 km...pengungsi membludak...



Setelah aktifitas Merapi menunjukkan peningkatan...akhirnya BMKG memperluas zona aman menjadi 20 km. Akibatnya jumlah pengungsi di DIY mencapai 275 ribu dari semula yag hanya sekitar 30 ribu. Lebih lanjut mengenai pengungsi ini simak berita dari okeone.cm berikut ini:

Jumlah Pengungsi Merapi Capai 278.403 Jiwa
Senin, 8 November 2010 - 03:23 wib

SEMARANG – Jumlah pengungsi korban letusan Gunung Merapi terus bertambah,terutama setelah zona bahaya diperluas menjadi 20 km. Hingga malam ini malam, jumlah pengungsi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencapai 278.403 jiwa.

Jumlah tersebut berasal dari Kabupaten Klaten 58.482 orang, Kabupaten Boyolali 60.643 orang, Kabupaten Magelang 102.353 orang,Kota Magelang 2.772 orang, dan Kabupaten Sleman 54.153 orang. Para pengungsi tersebar di berbagai titik lokasi pengungsian.

Warga di sekitar Gunung Merapi terus mendatangi lokasi pengungsian, terutama di daerah perkotaan yang dinilai lebih memberi rasa aman. Selain karena kesadaran sendiri, tim evakuasi juga mendorong warga untuk meninggalkan kawasan rawan bencana Merapi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Priyantono Jarot Nugroho mengatakan, Pemprov Jawa Tengah akan menggelontorkan dana sebesar Rp9 miliar untuk para pengungsi Gunung Merapi. Dana itu bersumber dari pos tak terduga APBD Jawa Tengah 2010. “Beberapa waktu lalu juga sudah dikucurkan Rp2,4 miliar untuk pengungsi Gunung Merapi di Magelang,” ujarnya.

Menurut Jarot, dana bantuan Rp9 miliar itu akan dialokasikan untuk pembelian lauk-pauk Rp7,76 miliar dan penyediaan beras Rp1,24 miliar. “Indeks lauk-pauk untuk setiap pengungsi sebesar Rp4.500. Senin (hari ini) kita kucurkan,” ujarnya.

Dia menuturkan,saat ini persediaan beras masih sebanyak 260 ton. Setiap hari untuk memenuhi kebutuhan pengungsi dibutuhkan beras sekitar 20–30 ton.“Atas dasar itu, kita mengalokasikan dana Rp1,24 miliar untuk membeli beras agar pasokan aman,”paparnya

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.