Friday 12 November 2010

Inilah kisah akhir perjalanan Si Pembobol Bank....



Pria yang satu ini memang luarbiasa dalam melakukan kejahatan perbankan. KArena berhasil membobol bank sampai Rp 67 Triliun. NAmun akhirnya dia dijatuhi hukuman yang cukup berat...Lebih lanjut simak artikel berikut dari detikfinance.com :

Akhir Kisah Si 'Pembobol' Bank Rp 67 Triliun
Nurul Qomariyah - detikFinance

Paris - Masih ingat aksi Jerome Kerviel yang 'membobol' bank Societe Generale hingga US$ 4,9 miliar tahun 2008 silam? Pria ganteng itu kini telah mendapatkan ganjarannya.

Mengenakan setelan necis hitam dengan tangan diborgol, Kerviel, 33 tahun dinyatakan bersalah melanggar kepercayaan, penyalahgunaan komputer dan pemalsuan dengan vonis 5 tahun penjara.

Pengadilan di Paris juga memerintahkan Kerviel untuk mengembalikan dana yang 'dibobolnya' sebesar 4,9 miliar euro atau sekitar US$ 6,8 miliar kepada bank asal Prancis itu.

Hakim menilai Kerviel tidak menerima otorisasi bahkan yang secara diam-diam dari atasannya untuk melakukan spekulasi secara berlebihan.

Hakim juga menilai Kerviel secara pasti tahu apa yang dilakukan itu melampui izinnya sebagai pialang dan mencoba menyembunyikan posisi trading-nya.

"Kerviel dengan sengaja melampaui izinnya sebagai pialang," jelas hakim ketua, Dominique Pauthe seperti dikutip dari Reuters, Selasa (5/10/2010).

Hakim memerintahkan Kerviel mendekam di penjara selama 3 tahun dan 2 tahun sisanya disuspen. Jaksa penuntut umum sebelumnya menuntut Kerviel mendekam di penjara selama 4 tahun dan 5 tahun disuspen.

Pengacara Kerviel, Olivier Metzner mengatakan pihaknya akan mengajukan banding atas putusan tersebut. Ia juga menilai keputusan itu 'tidak berperasaan' dan hukuman penjara 'berlebihan'.

Jerome Kerviel menggegerkan dunia dengan aksi pembobolan senilai 4,9 miliar euro atau sekitar Rp 67 triliun.

Kerviel bergabung di Societe Generale sejak tahun 2000 dan berada di bagian perdagangan sejak tahun 2005. Kerviel hanyalah seorang pekerja biasa, sampai akhirnya bank terbesar di Prancis itu menemukan adanya pembobolan nan menggegerkan dunia itu. Foto Kerviel pun menghiasi hampir seluruh media di dunia karena aksinya itu.

Kerviel diketahui menggunakan dana SocGen untuk bertransaksi di pasar berjangka. Ia berhasil menyembunyikan kerugian dari transaksi yang dilakukannya. Aksi ini baru diketahui saat terjadi gejolak di pasar saham. SocGen bahkan harus menjual kontrak-kontrak yang dibuat Kerviel saat harga saham berjatuhan.

Kabarnya, Kerviel sempat berspekulasi dengan uang SocGen hingga lebih dari 50 miliar euro. Namun, setelah dilakukan aksi jual kembali semua transaksi saham tadi diketahui kerugian yang dialami SocGen sekitar 4,9 miliar euro.

Akibat aksi Kerviel itu plus dampak dari krisis subprime, SocGen hanya mampu membukukan laba 600-800 juta euro, sangat kontras dibandingkan laba bersih di tahun 2006 sebesar 5,2 miliar euro.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.