Monday 22 November 2010

Fenomena alam: gambar meteor jatuh ...bagus banget...

Kita sering mendengar tentang bintang jatuh. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan bintang jatuh itu..? Apa benar bintang jatuh adalah meteor yang menuju ke bumi dan apa perbedaan antara meteor dan meteorid...? Lebih lanjut silahkan simak artikelberikut:




Hujan meteor adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteorid.yang memasuki atmosfir bumi dengan kecepatan tinggi. Ukuran meteor umumnya hanya sebesar sebutir pasir,dan hampir semuanya hancur sebelum mencapai permukaan Bumi. Serpihan yang mencapai permukaan Bumi disebut meteorid. Hujan meteor umumnya terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan melalui serpihannya.’



Sedangkan Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteorid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan (bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer. Meteor yang sangat terang, lebih terang daripada penampakan Planet venus dapat disebut sebagai Bolide.



Jika suatu meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi, benda yang dihasilkan disebut. meteorid. Meteor yang menabrak bumi atau objek lain dapat membentuk impact crater.

Tapi sayang hujan meteor ini hanya bisa di saksikan di belahan bumi bagian utara,yah berarti di Indonesia tidak bisa di lihat dong???? Tenang kata para ahli sih bisa kok di lihat di daerah ketinggana beberapa rb kilo,kaya dia Boscha lembang Bandung,ini ni tempat yg jadi langganan kalau sedang terjadi gerhana Bulan ataupun Matahari.



Di jelaskan juga meteor tersebut pernah melintasi Bumi pada tahun 1993,yah cukup lama yah sampai tahun ini. Jadi jangan sampai anda melewati fenomena alam yang indah ini.



sumber:http://betea2005.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.