Monday 8 November 2010

Gunung Semeru berstatus waspada...warga diminta siap-siap...



Status Semeru yang waspada...dan tanda-tanda aktifitasnya mulai menunjukkan peningkatan...membuat pemerintah memberikan peringatan kepada warga sekitar semeru untuk siap-siap bila semeru meletus. Persiapan ini untuk meminimalkan terjadinya korban letusan gunung semeru. Lebih lanjut simak artikel yang saya kutip dari okezone.com berikut ini:

Pakar Geologi: Warga Sekitar Semeru Siap-Siap!
Jum'at, 5 November 2010 - 06:09 wib

SURABAYA - Pakar Geologi, Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), Amin Widodo menyarankan agar warga di sekitar Gunung Semeru bersiap-siap mengungsi.

Hal itu dipicu dengan tanda-tanda gunung Semeru yang memuntahkan lava pijar.

“Melihat kondisi itu, seharusnya warga di sekitar Semeru segera packing (berbenah) untuk mengungsi,” kata perain gelar doktor Geologi-Longsor Universitas Gajah Mada Yogyakarta kepada ketika dihubungi melalui telepon, Kamis (4/11/2010).

Menurutnya, gunung yang berstatus ‘Waspada’ ini sudah menunjukkan gejala ke arah peningkatan status menjadi ‘Awas’.

Ia juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan sejumlah pos pantau di kawasan Semeru itu. “Pos pantau juga demikian jangan sampai lengah mengawasi detektor gunung api. Jika lengah maka akibatnya fatal,” ucapnya.

Data yang diperoleh dari pos pantau Semeru di Gunung Sawur, dalam 24 jam terakhir ini, terjadi empat kali guguran lava pijar dari gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut itu.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.