Sunday 28 March 2010

Inilah sumber cinta yang tak terbatas...di dalam diri

Bila anda ingin memahami makna cinta yang sesungguhnya...carilah dia didalam diri anda sendiri....yaitu dengan cara nmenggali dan menggali kedalam diri. Temukanlah dia bersama beningnya hati nurani dan pencerahan jiwa yang terdalam. Bukan hanya cinta yang bersifat materi...melainkan cinta yang lebih universal dan abadi....

Problem utama manusia modern adalah untuk memenuhi kebutuhannya akan cinta. Mereka selalu mencari cinta. Setiap orang membutuhkan cinta. Kita mencari cinta keseluruh penjuru dunia, namun tak pernah ketemu.Padahal cinta ada di dalam diri kita sendiri.
Sudah menjadi sifat manusiawi – apapun alasannya- kita menganggap orang lain memiliki apa yang kita cari, sama seperti orang lain yang menganggap kita memiliki apa yang mereka cari.

Di luar kebiasaan, kita semua mencari cinta keluar tanpa sadar bahwa kita perlu membangkitkan sumber cinta yang ada dalam diri kita sendiri. Inilah sebabnya tidak banyak yang kita berikan pada orang lain. Dengan kata lain, orang lain pun – yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan cinta yang kita kejar- tidak bisa berbuat banyak karena mereka pun tidak memiliki persediaan seperti yang kita perkirakan.

Logikanya, jika orang lain juga mencari cinta, mereka berharap kita memiliki cinta yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka. Keberhasilan hubungan tergantung pada kemampuan pihak untuk berbagi kelebihan cinta yang mereka miliki. Kata kuncinya adalah kelebihan atau kelimpahan (abundance). Bila kita memiliki cinta secara penuh, kita dapat berhubungan dengan cinta tak terbatas di alam semesta dan membagikan kelimpahan itu dengan orang lain tanpa merasa kawatir akan kehabisan.

Beberapa orang percaya cinta bernilai bila berasal dari orang lain, tapi mereka tidak menyadari bahwa cinta bisa berubah laksana boomerang jika mereka tidak memiliki energi cinta yang cukup untuk membaginya ( atau membalasnya). Maksudnya tanpa menghakimi kemampuan orang lain dalam mencintai, kita harus memusatkan perhatian ke dalam diri kita sendiri untuk membangkitkan dan mengembangkan sumber energi cinta dan mencapai tahap keberlimpahan dalam diri sendiri. Ini bisa mengurangi beberapa masalah yang menyebabkan tingginya tingkat perceraian dalam masyarakat kita.

Apa ciri cinta ?

Cinta adalah tanpa syarat, dan bebas dari prasangka. Bila anda mampu mencitai tanpa mengharapkan balasan apapun, berarti anda seorang yang mempunyai cinta yang berlimpah. Namun bila cinta itu masih membutuhkan sesuatu balasan, berarti kita masih belum mempunyai persediaan cinta yang cukup. Persis seperti sedekah. Jika kita mempunyai kelebihan harta benda yang banyak, tentu yang bisa kita berikan kepada orang lain akan lebih banyak dibandingkan bila kita hanya punya sedikit.

Bagaimana membangkitkan cinta yang berlimpah?

Belajarlah mencintai diri sendiri (bukan egois). Kita belum bisa mencintai orang lain secara tulus sampai kita mencintai diri sendiri. Cinta yang sesungguhnya terletak di dalam hati. Ia bisa diaktifkan lewat rangsangan luar, tapi juga bisa dibangkitkan dari dalam. Karena energi cinta bisa didekati dari dalam, kita bisa memenuhi kebutuhan cinta dengan menggunakan energi ini untuk memperbarui organ-organ dan kelenjar-kelenjar internal. Latihan senyum pencerahan bisa membantu mengaktifkannya.

Selama belajar mencintai diri sendiri, kita harus selalu mengingat bahwa energi cinta dalam diri kita sebenarnya diambil dari Tuhan. Ini berarti energi hati memberikan akses hubungan dengan sumber ilahiah, yaitu cinta universal. Banyak yang mengalami kesukaran memahami mekanisme hubungan cinta pribadi dengan cinta universal sehingga merasa ditinggalkan ( perasaan hampa). Hal ini sering terjadi karena kurangnya komunikasi kedalam diri sendiri. Kita lupa bagaimana cara mendekati cinta dalam diri kita sendiri, sebagai konsekuensinya mereka kehilangan kontak dengan diri sendiri. Akibatnya kita tidak bisa mengakses cinta ilahiah yang tak terbatas.

Selamat Mengarungi Samudera Cinta Yang Tak Terbatas.....

Salam Sukses Dan Bahagia Yang Luaaaaar Biasa....!!!

sumber: Buku Pengobatan Tao oleh Mantak Chiia dan Maneewan Chia

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.