Monday 29 March 2010

Tips Bermain saham ala Sun Tzu....

Investasi di saham merupakan pilihan yang cukup menarik saat ini. Cuman kita harus pintar-pintar mengatur strategy dan juga dalam memilih jenis saham yang akan kita beli.

Sebenarnya ada banyak strategy dalam bermain saham ini. Salah satunya strategy ala Sun Tzu ini.

Bermain saham tak ubahnya seperti berperang. Jadi selain taktik dan strategy, yang dibutuhkan juga kemampuan dalam mengambil waktu yang tepat.

Dalam berperang kita akan melihat dulu kekuatan musuh. Seberapa besar kekuatan musuh yang kita hadapi. Berapa jumlah pasukannya. Senjata apa saja yang mereka miliki. Bagaimana kondisi mereka. Kira-kira strategy mana yang akan mereka pilih.

Nah dengan mengetahui beberapa data tersebut...kita akan lebih mudah dalam menentukan strategy yang terbaik yang harus kita lakukan.

Dalam saham siapa musuh kita...? Musuh kita banyak, salah satu diantaranya kondisi pasar global. Kalau pasar global naik berarti musuh sedang lengah. Saatnya kita untuk masuk. Namun bila kondisi pasar global turun...berarti kita harus mundur lebih dulu. Disinilah pentingnya disiplin alan Sun tzu. Jadi kita harus menetapkan kapan harus keluar dan kapan masuk. Batas nya berapa persen. Toh tidak selamanya saham turun terus atau naik terus. Kita harus tetapkan batasnya.

Misalnya bila saham turun 5 % kita harus cut loss dulu..kemudian masuk lagi di posisi terbawah. Atau pada saat naik...kita harus jual pada posisi maksimal 10 %. Kalau aturan ini kita terapkan, kemungkinan kita akan lebih bisa mengendalikan portofolio kita.

Musuh lainnya adalah para "bandar" pemilik modal besar. Baik asing maupun lokal. Mereka merupakan musuh yang amat sulit ditaklukan. Bahkan dalam terminology Bandar...harga saham bisa diatur oleh investor besar ini. Masih ingat kan ..banyak saham yang dikategorikan sebagai saham 'gorengan'. Nah bagi pemilik modal besar....saham mana yang akan dipilih untuk diturunkan atau dinaikkan...semua bisa diatur. Sehingga bisa jadi pasar global mendukung....tapi kalau sang bandar ingin suatu saham turun...ya turun aja. Gampang lah bikin isu ini...itu..ujung-ujungnya agar saham turun. Orang yang punya pada lepas saham nya. Nah begitu sampai harga bawah..barulah sang bandar ini membeli dengan rakusnya.....HABB......

Untuk itu diperlukan informasi yang cepat dan akurat. Nah untuk urusan ini, anda bisa gabung ke beberapa milis seperti obrolan bandar, dll. Disitu akan memperoleh banyak informasi menarik. Tapi ingat...kita sendiri yang harus menyaringnya. Karena tidak semua informasi benar.

Selain itu yang nggak kalah pentingnya adalah "selalu sedia peluru" dalam kondisi apapun. Maksudnya apa nih...? Ibarat perang..pasukan yang kehabisan peluru lebih dahulu pasti akan kalah. Begitu pula dengan saham ini...kalau anda kehabisan peluru Dalam arti modal dalam portofolio anda...ya bersiaplah untuk kalah.

Jadi berapapun investasi anda di saham..jangan sampai anda belikan semua saham di suatu waktu. Lebih baik anda bagi menjadi beberapa waktu bisa 3-5 kali. Jadi bagilah modal anda menjadi 5 bagian. Tiap bagian bisa masuk disuatu waktu. nanti kalau ada kenaikan ..maka yang satu bagian ini akan profit. Tetapi bila saham turun...anda bisa masuk lagi 1 bagian dan nati jual bila sudah naik. Disini anda mengalami nikmatnya profit disaat saham turun ataupun naik.

Bersabar...

Tips berikutnya adalah bersabar. Lho apa maksudnya....? Kalau saham naik jangan terburu-buru dijual. Begitu pula bila saham turun. Anda harus menetapkan batasannya. Dan ikuti batasan yang telah anda tetapkan.

Tidak jarang begitu saham naik sedikit lalu kita jual. Setelah kita jual...eeeh malah naik terus....yesal kan kita. Jadi tetap bersabarlah pada saat naik dan juga pada saat turun. Kalau pada saat turun pakai aja patokan 3-5 % harus cut loss tergantung jenis sahamnya.

Demikian tips main saham ala SunTzu...semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.