Wednesday 10 March 2010

Panduan autoresponder di freeautobot

Salah satu hal paling penting dalam bisnis online adalah membangun email list (daftar email) atau lebih terkenal dengan nama list building. Bahkan untuk secara khusus mempelajari list building ini, seorang pebisnis online biasanya akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Tentu saja hal ini akan sangat membantu dalam membuat bisnis online lebih profesional.

Gimana cara membangun daftar email atau email list ?

Pernahkah anda melihat sebuah website yang menawarkan produk gratis hanya dengan menulis nama dan email anda di sebuah opt in atau form yang tersedia. Jadi opt in adalah form khusus untuk menulis nama dan email yang akan anda gunakan sebagai alamat untuk menerima produk gratis tersebut. Sehingga banyak pebisnis online yang berlomba-lomba membuat hadiah dalam bentuk apapun....hanya untuk mendapatkan nama dan email seseorang. Mengapa ini penting...?

Karena dengan memiliki daftar email ini , seorang pebisnis online akan mudah untuk menawarkan produk-produk berikutnya. Bayangkan bila seseorang memiliki daftar email valid yang jumlahnya ribuan...maka dalam sesaat saja dia bisa menawarkan suatu produk baru.

Salah satu penyedia jasa auto responder yang gratis namun mempunyai kualitas yang cukup lumayan adalah freeautobot. Caranya gampang kok tinggal daftar dan isi semua data yang diinginkan mulai dari user name dst.

Setelah itu tinggal setting auto responder ini. Caranya sebagai berikut:
1. Add Lead.
Adalah Kolom untuk menambahkan secara langsung daftar email tanpa proses konfirmasi. Untuk kolom ini lebih baik mendaftarkan email yang sudah anda kenal seperti teman anda. Jangan sekali-kali mendaftarkan email yang tidak anda kenal karena akan membuat jengkel yang punya email. Dan ujung-ujungnya mereka menganggap anda nggak profesional.

2. Search Lead
Untuk mencari dan menampilkan daftar alamat email berdasarkan status, tanggal dan lain-lain. Di kolom ini anda bisa menghapus, memblock daftar email, atau bisa mendownload daftar email baru.

3. Message Control
Di dalam kolom message control ini anda dapat memasukan pesan yang akan anda kirim, berapa pesan yang akan anda kirim secara periodic misalnya 1 atau 5 pesan yang terkirim juga bisa memasukan link-link yang akan di download, di kolom ini anda bisa mengontrol waktu pesan yang dikirim misalnya 1 hari sekali 2 hari sekali, Untuk lebih personal anda bisa memasukan kode <%Name%> nanti di pesan akan muncul nama pribadi penerima email.

4 Help.
Setelah anda puas mensetting pesan yang akan dikirimkan. Untuk mengambil kode html form pendaftaran “nama” dan “ alamat email” anda masuk ke kolom Add Lead kemudian klik help yang ada di sebelah kanan kemudian copy kode seperti berikut :

<!---START OF ADD FORM-->
For more information please fill out this form:<br><br>
<form action="http://freeautobot.com/cgi-bin/autores/autores.cgi">
<input type=hidden name="do" value="add_lead_external">
<input type=hidden name="Username" value="USERNAME">
<input type=hidden name="Stop_Status" value="Active">
<input type=hidden name="Cycle_Number" value="0">
<input type=hidden name="Success_URL" value="http://freeautobot.com">
<input type=hidden name="Failure_URL" value="http://freeautobot.com/Failure.html">
<input type=hidden name="Notes" value="Added from opt-in form">
Name: <input type=text name="Name" value=""><br>
Email Address: <input type=text name="Email" value=""><br>
<input type=submit value="Submit">
</form>
<!---END OF ADD FORM-->

kemudian ganti user name dan alamat url yang diberi warna kuning dengan username anda dan alamat website anda.

Demikian tips membuat autoresponder semoga bermanfaat.

14 comments:

  1. Wah, info ini yg saya cari2.. Thanks Gan..

    Salam kenal..

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya mas,,it`s great, kira2 usernamenya diganti dengan username kita or dengan subscriber ya..tq salam kenal..

    ReplyDelete
  3. user name... pakai username kita pada saat mendaftar di freeautobot pertama kali. Masih ingat kan ketika sign up kita diminta buat username dll...

    ReplyDelete
  4. Saya ada masalah sob,ketika ada subcrbr konfirmasi yang keluar bla,bla... Code not valid ada solusi nggak sob

    ReplyDelete
  5. Ada masalah dibagian link URL confirmation...lihat di artikel yang sudah saya buat dengan klik link bagian nama. Trims.

    ReplyDelete
  6. Untuk sementara saya gunakan tips dari anda ini ya Pak Didik...saya coba di blog saya...
    Kalau ada masalah, saya balik kesini lagi ya...hehe
    Terimakasih Pak

    ReplyDelete
  7. Thanks, panduannya bagus sekali dan akan sy coba.

    ReplyDelete
  8. makasih informasinya gan,sangat membantu sekali.saya mau coba pasang di blog saya.

    ReplyDelete
  9. Nice info mas.....
    salam kenal
    posting bermanfaat buat gapteker kayak saya yang baru bisa buka internet dan baru bkin web.....
    di tunggu posting selanjutnya.....

    My Web
    My Blog

    ReplyDelete
  10. mantap mass..terima kasih atas artikelnya

    ReplyDelete
  11. aduuh ini freeautobot yang lama..., sekarang ada Freeautobot sekarang baru tampilan ada ga yang tau caranya segera posting disini ya...? link seperti ini : http://www.freeautobot.com/respondersignup.php?affiliate=360531

    ReplyDelete
  12. terus terang saya belum punya autoresponder, karena dirasa masih belum cukup ilmu untuk list building. Tapi saya coba download ya mas.
    Tks

    ReplyDelete

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.