Monday 15 March 2010

Selamat Hari Raya Nyepi dan tahun baru chaka 1932

Besok tepatnya tanggal 16 Maret 2010 merupakan hari Raya Nyepi bagi umat Hindu. Bagi teman-teman yang merayakannya, bersama ini saya mengucapkan selamat hari raya nyepi dan tahun baru chaka 1932, semoga Tuhan selalu melindungi kita.

Nikmatnya Nyepi di Bali

Sudah hampir 3 kali ini aku mengalami nyepi di Bali. dan setiap nyepi selalu ada kedamaian dan ketenangan disana. Sejenak kita bisa menenangkan diri dari hiruk pikunya aktivitas duniawi. Kita lupakan sejenak maslah-masalah keduniawian dan kembali kepada Tuhan.

Memang di Bali ini sangat unik keanekaragaman budaya dan adat istiadat. Walaupun mayoritas Hindu, namun umat lainnya pun diberikan kebebasan dalam menjalankan agama dan keyakinannya.

Di dalam nyepi ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan antara lain:
1.Tidak boleh menyalakan api/cahaya
2.Tidak boleh bepergian
3.Tidak boleh bersenang-senang/ribut/pesta
4.Tidak boleh bekerja

Jadi selama 24 jam kita tidak boleh melakukan ke 4 hal tersebut diatas. DAn harus hidup dalam suasana gelap. KArena nggak boleh ada lampu. Namun bagi yang punya bayi atau anak-anak biasanya masih ada dispensasi kok. Boleh menyalakan lampu di dalam kamar ...tapi kecil aja dan jangan kelihatan dari luar.

Banyak yang akhirnya melewatkan libur nyepi untuk berlibur keluar bali. Namun kalau aku lebih senang di bali. Karena memang nikmatnya nyepi itu sangat indah. Suasana yang sepi dan hening ...justru membuat hidup menjadi lebih tenang. Mungkin perlu juga bila nyepi ini dilakukan di seluruh dunia...agar dunia mengalami bahagianya nyepi .....dan hening. Agar bisa mengendalikan sifat agresivitas manusia di muka bumi ini.

Sekali lagi aku mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi dan tahun baru chaka 1932.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.