Friday 15 January 2010

Apa maknanya Gerhana Matahari dari sisi spiritual..???



Sudah pernah lihat gerhana matahari apa belum..?Bagi yang belum pernah...nanti sore bisa menyaksikan gerhana matahari. Seingatku dulu waktu masih kecil pernah ada gerhana matahari.Waktu itu semua orang harus tinggal di dalam rumah dan nggak boleh melihat...bisa buta. Tapi sekarang kayaknya setiap orang bisa menyaksikan gerhana matahari..dengan alat tertentu.

Dari sisi fenomena alam...gerhana matahari itu bisa terjadi karena cahaya matahari terhalangi oleh bulan. Namun dari sisi spiritual...apakah hal ini ada maknanya yah..? Kalau menurut Cak Nun (Emha ainun Najib) dalam albumnya menyorong rembulan....Matahari adalah lambang Tuhan...Bumi adalah lambang keangkuhan manusia. Bulan adalah lambang spiritual. Jadi bila ada gerhana matahari bisa diartikan bahwa..keangkuhan manusia...sudah begitu besarnya. Sehingga melupakan sisi spiritualnya masing-masing. Akibatnya akan terjadi malapetaka yang disebabkan oleh olah manusia sendiri. Semoga saja hal ini tidak terjadi.

Oh ya mengenai berita tentang gerhana matahari ini bisa anda simak di artikel berikut:


3 Teleskop Disiapkan untuk Pantau Gerhana Matahari

Jakarta - Gerhana Matahari diprediksi akan terjadi di Indonesia sore ini sekitar pukul 14.39. Bagi Anda yang ingin menyaksikan fenomena alam ini, silahkan datang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK)-TMII telah mempersiapkan 3 teleskop yakni CPC 800, Firscope 114", dan Solarmax Coronado bagi masyarakat yang ingin melihat gerhana matahari. Sebelum pengamatan, peserta juga akan dibekali dengan materi tentang Astronomi, Matahari, dan Gerhana Matahari.

Proses gerhana yang diawali dengan masuknya bayang-bayang Bulan di permukaan Bumi akan dimulai pukul 14.39 WIB. "Puncaknya diperkiraan akan terjadi pada pukul 15.55 WIB," ujar Kepala Humas PP Iptek Putu Lia Suryaningsih kepada detikcom, Kamis (14/1/2010).

Gerhana matahari kali ini dapat dikategorikan fenomena alam yang tak biasa. Dengan durasi maksimum yang bisa mencapai 11 menit 8 detik, gerhana ini merupakan akan menjadi yang terlama dalam kurun waktu 2001-3000.

"Gerhana matahari dengan durasi lebih dari 11 menit baru akan terjadi lagi pada 1033 tahun kemudian yaitu pada tahun 3043," tandasnya.

sumber:detik.com

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.