Thursday 14 January 2010

Waspadalah : sering cegukan...bisa jadi ada tumor otak lho...!!!

Mungkin selama ini kita sering mendengar istilah cegukan. Biasanya kalau seseorang menderita cegukan..selalu dikaitkan dengan kurang minum. Tapi apakah benar seperti itu....? Suatu saat aku pernah menemukan seorang penderita cegukan yang begitu parah. Sudah minum air putih banyak tetap aja masih cegukan. Akhirnya aku coba terapi dengan reiki...ternyata bisa sembuh tuh. Mungkin benar..bahwa cegukan memang ada kaitannya dengan syaraf...ebih lenjut tentang ini simak artikel berikut:

Cegukan 3 Tahun Ternyata Ada Tumor di Otak



Yorks, Inggris, Selama 3 tahun Christopher Sands mengalami cegukan yang tidak pernah berhenti. Karena cegukan yang tidak mau berhenti itu dia jadi sulit bicara, tidur dan makan. Ternyata cegukan terus menerus itu karena tumor di otaknya.

Penderitaan aneh ini telah dirasakan sejak September 2006. Sands mengalami cegukan setiap 2 detik dan membuatnya harus cegukan sebanyak 7,9 juta dalam setahun.

Sands sempat melakukan serangkaian tes dan scan reguler tapi tidak menemukan akar masalahnya. Saat berat badannya turun secara drastis, Sand sempat akan menjalani pembedahan perut untuk mencari tahu apa yang salah.

Tapi pada Agustus 2009, Sands pergi ke Tokyo dan melakukan scan MRI. Ternyata didapati ada pertumbuhan tumor sebesar 1,2 cm di batang otaknya. Dokter percaya tekanan dari tumor yang tumbuh tersebut bisa mempengaruhi sistem saraf sehingga memicu Sands untuk tidak berhenti cegukan.

Meskipun dokter telah memberikan peringatan bahwa tumor tersebut tidak dapat dioperasi, tapi Sands tetap keukeuh untuk mempersiapkan operasi otak yang rumit di Royal Hallamshire Hospital di Sheffield, Yorks.

Sands menjalani operasi sebulan kemudian dan menghabiskan waktu di rumah sakit selama 6 hari. Operasi yang dilakukan berhasil mengangkat 60 persen dari tumor dan menghilangkan cegukan yang cukup banyak. Cegukannya sudah berkurang setelah menjalani operasi pengangkatan tumor di otaknya.

Tapi operasi itu juga memberikan dampak ke tubuhnya. Sands kini menderita mati rasa pada bagian kiri tubuhnya dan mengalami kesulitan dalam koordinasi. Dokter mengungkapkan dibutuhkan waktu sekitar 3 tahun agar bisa kembali normal.

"Aku menangis ketika keluar dari kamar operasi karena tidak bisa menerima hal ini. Tapi saya merasakan ada kemajuan setelah 3 tahun terakhir," ujar Sands, seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (14/1/2010).

Meskipun mengalami mati rasa dan kesulitan koordinasi, tapi perkembangan Sands justru lebih baik dari pada yang dibayangkan oleh dokter sebelumnya. Sands tetap berharap di masa depan akan ada bantuan besar yang bisa membantunya untuk bisa hidup normal kembali.

Ketika pertama kali didiagnosis ada tumor di otaknya, dokter telah memperingatkan bahwa operasi yang sukses akan sulit dicapai. Karena sangat sedikit sekali ahli bedah yang bisa menangani tumor seperti itu. Jika tumor tersebut tidak dapat dioperasi, biasanya diperlukan pengobatan seperti radioterapi untuk menyelamatkan nyawanya.

Cegukan memang bisa menjadi gejala dari penyakit, terutama jika dialami secara terus menerus (permanen). Gejala ini biasanya berhubungan dengan adanya masalah di otak seperti tumor otak, stroke, adanya infeksi di susunan saraf otak atau bisa juga akibat adanya gangguan elektrolit.

sumber:detik.com


No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.