Wednesday 13 January 2010

Terlalu cinta dunia..dan takut mati...

"Rumah Masa Depan"

Beberapa hari ini aku ikut tahlilan di masjid Satelit asri Singaraja. Ada seorang tetangga yang meninggal dunia karena kena sakit jantung. Ya kita memang tidak bisa menebak tentang datangnya kematian. bukankah...jodoh, rejeki, dan ajal ...adalah rahasia Ilahi. Memang cukup berat bagi keluarga yang ditinggalkannya. Apalagi setahun yang lalu anaknya juga meninggal..dan sekarang ditinggal oleh suaminya. Beban berat di tanggung sang ibu....Semoga saja diberi kesabaran..Amiien.

Memang disaat seperti itu kita harus selalu berprasangka baik kepada Allah... dan terus mawasdiri serta mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa...semoga diberikan ketabahan...dan mampu mengambil hikmah yang terpendam didalamnya. Tetap berpikir positif..bahwa inilah jalan hidup yang terbaik.

Kalo kata " Tong Sam Cong" itu lho guru sun Go Kong si kera sakti....bahwa hidup..mati..dan kelahiran...adalah sebuah siklus kehidupan yang harus kita lewati.....Jadi tidak perlu terlalu gembira pada saat mendapat kesenangan...dan juga tidak perlu terlalu berduka..ketika mendapat penderitaan.

Lho..kok malah ngelantur ke cerita kera sakti toh....kembali ke tahlil ya...Memang dzikir bersama membuat hati khusu' dan tenang. Aku jadi ingat masa-masa mahasiswa ..tatkala ikut dzikir bersama. Di hati tenang dan menambah kebahagiaan.

Kadang-kadang secara tak sadar kita sering dilupakan oleh hal-hal yang bersifat spiritual. Entah karena saking sibuknya kita terhadap urusan dunia...atau memang kita sendiri yang nggak mau melakukannya. Alasan sibuklah...malaslah...atau bahkan alasan...lain-lain yg nggak ada gunanya. Yah..itu sah-sah saja sih. Banyak orang yang sekarang hanya mementingkan kehidupan dunia saja. Bahkan tak jarang mengorbankan kepentingan akhiratnya. Akibatnya apa...mereka lalai terhadap kematian yang setiap saat bisa saja terjadi.

Salah satu penyakit masyarakat yang sekarang melanda adalah penyakit Terlalu cinta pada dunia..dan takut akan mati. Akibatnya ..mereka menderita suatu penyakit yang namanya "perasaan hampa" yang luar biasa. Tak jarang ada yang lari ke narkoba...seks bebas...atau bahkan kehidupan hedonisme yang hanya untuk hura-hura. Hatinya kosong dan hampa....sampai suatu saat disadarkan oleh Tuhan....yaitu dengan datngnya ajal atau kematian.....entah kapan.

Gaya hidup materialisme..yang hanya mengandalkan uang sebagai satu-satunya kebahagiaan hidup...namun nyatanya malah membawa banyak penderitaan. Karena uang..siapapun akan menyerahkan keimanannya..bahkan walaupun di sumpah pakai nama Tuhan....demi uang..mereka mau saja berbohong...Nau'udzubillah" semoga kita terhindar dari penyakit demikian.

Hikmahnya: sering-seringlah mengingat akan kematian ...dan berbuat baiklah untuk menghadapi kematian itu...dan sebaik-baik bekal adalah amal sholeh dan ketakwaan.

1 comment:

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.