Saturday 9 January 2010

Hikmah Al Qur'an : surat an nazi'at

Tadi malam aku baru saja membaca sebuah surat di Al Qur'an yaitu surat ke-79 An Nazi'at ( Malaikat-malaikat yang mencabut). Di situ dikisahkan tentang tugas dari beberapa malaikat. Ada yang mencabut nyawa dengan keras dan ada juga yang mencabut nyawa dengan lembut. Semoga kita termasuk orang yang diberi ampunan oleh Alloh ...dan diberi kemudahan dalam menghadapi sakaratul maut nanti...dan dicabut dengan lemah lembut.

Aku jadi teringat kisah nabi pada saat menghadapi sakaratul maut. Pada saat itu nabi menceritakan bahwa sakitnya orang yang menghadapi sakaratul maut seperti ditusuk 300 pedang. Dan ini sekelas nabi...yang aku yakin malaikat... mencabut nya dengan lemah lembut. Gimana yah ...bila dicabutnya dengan keras. Konon orang-orang yang banyak dosanya....akan mengahadapi sakaratul maut dengan keras....na'udzubillah min dzalik. Semoga kita dijauhkan dari su ul khotimah ( kematian yang buruk).

selain itu juga dikisahkan tentang kisah Musa mendapat wahyu untuk menyadarkan raja Fir'aun yang telah melampaui batas. KArena mnganggap dirinya sebagai Tuhan. Bandingkan dengan jaman sekarang...mungkin orang tidak secara tegas memproklamirkan dirinya sebagai Tuhan. TApi kadang-kadang tanpa kita sadari..kita sudah men Tuhan kan jabatan kita, kekuasaan kita, atau bahkan bos kita, pimpinan kita, dan harta benda kita. Semoga kita terhindar dari sifat demikian.

Di sana juga diceritakan tentang hari kiamat. Dimana manusia akan mempertanggungjawabkan semua perbuatannya selama di dunia. Beruntunglah orang yang selama hidup di dunia banyak mengerjakan amal perbuatan baik. Dan celakalah orang yang selalu berbuat buruk dan jahat sewaktu hidup di dunia. Namun sangat sedikitlah orang yang sadar akan datangkan kiamat itu.

Dalal salah satu ayat disebutkan " Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhan nya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya Surga lah tempat tinggalnya"

Semoga kita termasuk orang yang mampu mengendalikan hawa nafsu kita. Keserakahan, iri, dengki, marah, tamak, dan semua sifat mengumbar nafsu yang lainnya. Karena sekarang di masyarakat telah di gerogoti oleh penyakit mengumbar hawa nafsu ini. Bukannya mengendalikan ...kita malah yang diperbudak oleh nafsu kita. Inilah yang mengakibatkan kemurkaan Allah.

Oke..segitu dulu yah review tentang surat an nazi'at...semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Halo sobat...nama saya Didik Sugiarto.....Saya bukanlah blogger profesional....hanya sekedar hobi ngeblog dan juga belajar cara mencari uang dengan blog.....adsense, amazon, clickbank dll.......semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua.